Situs mafia kartu kredit sedang melakukan pembenahan konten agar lebih jelas dan lebih mudah dipahami sesuai perkembangan kebijakan kartu kredit terakhir.

Biaya Pelayanan Pembayaran Kartu Kredit

Pembayaran tagihan kartu kredit bisa lewat mesin ATM.
Seperti diketahui ada banyak sekali cara atau fasilitas untuk melakukan pembayaran tagihan kartu kredit. Ada yang gratis, ada yang bayar. Nah, yang membayar inilah yang kita sebut sebagai biaya pelayanan pembayaran kartu kredit. Anda harus pintar-pintar karena ada yang gratis dan ada yang bayar. Apa maksudnya? Berapa biayanya? Bagaimana perhitungannya? Berikut ini kami jelaskan untuk Anda.

Biaya Pelayanan Pembayaran Kartu Kredit

Rata-rata orang membayar kartu kredit lewat mesin ATM dan biasanya adalah mesin ATM BCA. Hal ini tidak mengherankan karena rata-rata kita memang memiliki tabungan atau rekening bank BCA. Memiliki rekening tabungan di bank BCA termasuk memiliki kartu ATM BCA, merupakan salah satu poin penting persetujuan permohonan aplikasi kartu kredit kita. Mengapa menjadi salah satu poin penting? Tak lain karena bank penerbit kartu ingin supaya nasabahnya mudah melakukan pembayaran tagihan kartu kredit. Dan lokasi mesin ATM BCA jelas lebih banyak dan ada di mana-mana. Jika kita tidak ada rekening tabungan satu pun di bank manapun, boleh dikatakan 99,9% permohonan aplikasi kita akan ditolak. Lha wong pakai kartu ATM saja tidak bisa, bagaimana nanti mau pakai kartu kredit? Kurang lebih seperti itu.

Tetapi tahukah Anda bahwa setiap kali kita membayar tagihan kartu kredit lewat mesin ATM bank mana saja, kita akan dikenakan biaya administrasi? Inilah yang disebut dengan biaya pelayanan pembayaran kartu kredit. Lalu apakah biaya ini otomatis dikenakan kepada semua pemilik kartu kredit? Bisa ya, bisa juga tidak. Tergantung keputusan kita sendiri sebagai pemilik dan pengguna kartu kredit, mau membayar lewat ATM mana. Dan rata-rata biaya pembayaran kartu kredit lewat mesin ATM adalah Rp 5.000. Tentu suatu hari biaya ini akan bertambah.

Selain membayar lewat mesin ATM, kita juga bisa membayar lewat teller dengan cara setoran tunai ke bank bersangkutan (card issuer), lewat phone banking (bank penerbit atau bank lain), internet banking (bank penerbit atau bank lain), mobile banking (bank tertentu), sms banking (bank tertentu), loket (kantor pos), drop box (bank penerbit), dsb. Semua cara pembayaran yang disebutkan itu juga mengenakan biaya-biaya tertentu yang kita sebut biaya pelayanan pembayaran kartu kredit. Biayanya pun berbeda-beda tergantung kebijakan bank atau tempat kita membayar. Membayar langsung di loket teller bank penerbit kartu akan dikenakan biaya yang mahal dan bisa mencapai Rp 100.000 untuk sekali pembayaran. Dan ini sangat tidak dianjurkan. Membayar lewat drop box bisa dikenakan Rp 40.000. Drop box adalah fasilitas pembayaran dengan mengisi formulir di mana uang langsung kita paketkan di formulir tersebut dan ditaruh disebuah kotak seperti kotak undian. Jadi tak perlu lagi antri dan merepotkan teller bank. Contohnya drop box yang diberikan oleh HSBC, ABN AMRO yang berganti nama menjadi RBS (Royal Bank of Scotland), dsb.

Meski demikian, ada yang gratis juga di mana kita meminta bank langsung mendebet rekening tabungan kita untuk tagihan kartu kredit bulan berjalan. Kalau yang begini tentu gratis tanpa biaya. Bank pun lebih senang karena langsung memotong tabungan di mana pemilik kartu kredit tidak mungkin menunggak pembayaran. Pilihan ini terlihat simpel tetapi tidak dianjurkan karena satu dua alasan yang akan kita bahas nanti. Jadi tidak semata-mata gratis melainkan juga harus dilihat efek samping yang bakal terjadi di kemudian hari.

Pilihan berikutnya untuk mendapatkan layanan gratis pembayaran adalah menggunakan kartu ATM dari bank penerbit kartu itu sendiri. Jadi Anda wajib membuka rekening tabungan bank tersebut dan gunakan kartu ATM di mesin ATM bank tersebut. Contoh kartu kredit Niaga CIMB dibayar di mesin ATM Niaga CIMB menggunakan kartu ATM CIMB Niaga. Dengan demikian akan bebas biaya pembayaran kartu kredit seperti ini. Sampai di sini Anda paham? Intinya gunakan kartu ATM dan di mesin ATM bank yang juga menerbitkan kartu kredit Anda. Bukan cuma bebas biaya pembayaran kartu kredit melainkan juga langsung online sehingga kita tidak akan dikenakan biaya keterlambatan (late charge). Tak ada bedanya juga dengan melakukan tarik tunai di mana juga akan bebas biaya penarikan tunai kartu kredit.

Kesimpulannya: biaya pelayanan kartu kredit bisa gratis bisa bayar. Biaya ini juga tidak dialami semua pemilik atau pengguna kartu kredit. Namun karena rata-rata dari kita hanya memiliki satu rekening tabungan yakni Bank BCA dan kita membayar tagihan kartu kredit lewat mesin ATM BCA, otomatis kena biaya seperti ini. Membayar lewat mesin ATM yang bukan bank penerbit kartu membuat kita dikenakan biaya pelayanan pembayaran kartu ini. Istilahnya biaya administrasi. Bagaimana menurut Anda?

Sponsored links Biaya Pelayanan Pembayaran Kartu Kredit:
 

7 komentar:

wahyudin mengatakan...

iya ini,harus dipikirin ya,,,soalnya masuk ke bunga berbunga lagi,,,,,

norman mulia aji mengatakan...

YG GUE BIKIN BINGUNG DR KARTU KREDIT MEGA ADALAH UDAH BAYAR PAS SESUAI TAGIHAN FULL PAYMENT YG ADA TP MASIH AJA KENA INTEREST CHARGE PADAHAL KEMAREN AJA PEMBAYARAN GUE JUGA FULL PAYMENT ???????????????

Nutzch mengatakan...

Betul tuh seperti Bank mega saya biasa bayar tagihan lewat BNI tp kena biaya 5000 yang lucunya dibebankan pada tagihan kartu kredit bulan berikutnya. Yang begini ga abis2 bunganya.

Fakhira mengatakan...

mas norman,maksudnya interest charge bisa dijelasin ngga??? sekalian mau tanya,aku selama ini bayar kartu kredit via teller bank mega,lama2 koq ya males udh jauh bank nya truss mesti kena biaya 10.000 juga,rencana mau bayar via atm bca,biasanya kena biaya adminnya langsung terpotong pada saat itu atau gmn yah,truss sampainya di bank mega brp hari....thx

DeZiGH mengatakan...

Jika tidak ingin ada tagihan di bulan berikutnya, maka saat pembayaran full payment tambahkan biaya materai:
- 6,000 jika tagihan >= 1,000,000
- 3,000 jika tagihan lebih besar >= 250,000 dan < 1,000,000
juga tambahkan biaya administrasi antar bank (jika pembayaran dilakukan antar bank)
Misalkan, pembayaran kartu kredit ANZ via ATM BCA dengan tagihan sebesar 1,200,000 maka bayarlah sebesar 1,213,500 dengan rincian 1,200,000 tagihan pokok nya, 6,000 biaya materai, 7,500 biaya pembayaran kartu kredit ANZ via ATM BCA

ahmad andreas mengatakan...

Saya bayar kk mega lewat transfer bca, tp kq masih pending jg ya.. saya bayar di hari sabtu.. mohon pencerahannya ya.. coz sy masih baru pakai kk.. thanks

idScollection mengatakan...

Untuk pembayaran via internet banking di hari sabtu/minggu/libur akan selalu pending, biasanya di proses pada hari kerja berikutnya sekitar 2-3 hari

Usahakan pembayaran kartu kredit sebelum tanggal jatuh tempo. karna pembayaran tidak langsung diproses pada hari itu juga, melainkan keesokan harinya

Poskan Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab si komentator. Komentar di luar topik apalagi menawarkan bisnis dengan mencantumkan nomor ponsel/telepon pasti dihapus! Berhati-hatilah terhadap segala bentuk penipuan!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons | Konsumen Review