Biaya Transfer Dana Dari Kartu Kredit

Call center penerbit kartu kredit.
Biaya kartu kredit (credit card fees) berikutnya yang juga mengintai pengguna atau pemilik kartu kredit adalah biaya transfer dana dari rekening kartu kredit. Apa maksud biaya transfer dana kartu kredit ini? Berapa biaya yang akan dikenakan setiap kali kita transfer dana dari rekening kartu kredit? Berikut ini kami jelaskan kepada Anda semua.

Biaya Transfer Dana Dari Kartu Kredit

Beberapa jenis kartu kredit memungkinkan kita untuk memindahkan atau mentransfer dana dari rekening kartu kredit ke rekening kita di bank manapun untuk keperluan apapun dalam bentuk uang cash. Jadi jika Anda memiliki kartu kredit katakanlah Citibank yang berlimit Rp 20 juta dan kebetulan Citibank memiliki fasilitas transfer dana, lalu Anda membutuhkan dana tunai katakanlah Rp 10 juta dan ingin mengambilnya dari kartu kredit Citibank, Anda tidak perlu capek-capek tarik tunai lewat mesin ATM atau gesek tunai yang mengenakan biaya lebih tinggi. Cukup hubungi petugas customer service Citibank lewat sambungan telepon. Utarakan niat dan keinginan Anda untuk transfer dana dari rekening kartu kredit. Dalam sekejap uang pun akan masuk ke rekening tabungan Anda di bank manapun.

Biasanya pada saat Anda menghubungi petugas bank, mereka akan melakukan beberapa konfirmasi serta menanyakan berapa jumlah dana yang ingin ditransfer, nomor rekening tujuan transfer, dsb. Jika semuanya sudah oke dan saldo kartu kredit mencukupi maka dalam hitungan detik uang sudah masuk ke rekening tabungan kita. Tetapi biasanya nama yang tertulis di nomor rekening bank tujuan haruslah sama dengan nama pemilik kartu kredit. Hal ini untuk mencegah jangan sampai ada pihak-pihak lain yang mengatasnamakan pemegang kartu lalu mentransfer dana ke rekening mereka (kawanan penipu atau mafia kartu kredit). 

Fasilitas transfer dana kartu kredit sebenarnya adalah sebuah upaya bank untuk menyiasati maraknya gesek tunai (gestun) yang tidak bisa mereka bendung dan tidak mungkin dibendung. Karena itulah mereka mengeluarkan jurus ini. Namun tetap saja tidak semua pemegang kartu kredit mau menggunakan fasilitas ini karena akan terbaca pola penggunaan kartu kredit mereka, serta ada kalanya biaya yang dikenakan ujung-ujungnya jauh lebih besar dari gesek tunai.

Adapun besarnya biaya instruksi transfer dana kartu kredit ini setiap bank berbeda-beda. Rata-rata biaya transfer dana kartu kredit adalah Rp 25.000 - Rp 50.000 dan akan ditagih di tagihan bulanan yang akan datang. Namun harap diingat bahwa ada bank yang mengenakan biaya per transaksi atau per limit dana yang ingin ditransfer. Kalau per transaksi artinya setiap kali perintah atau permohonan transfer dana maka kita mengeluarkan biaya sekian yang sudah fix. Entah itu mau transfer Rp 1 juta, Rp 5 juta atau bahkan Rp 100 juta. Jadi tidak dibeda-bedakan. Sedangkan per limit artinya setiap kali transfer dana berdasarkan limit yang ditentukan. Contoh misalnya jika limit transfer adalah Rp 3 juta dan dikenakan biaya Rp 25.000, otomatis setiap kali kita meminta transfer dana Rp 10 juta akan dikenakan biaya Rp 100.000. Kelipatan per limit transfer Rp 3 juta. Dihitung dari kelipatan limit transfer.

Sebelum mengajukan aplikasi permohonan kartu kredit, Anda wajib menanyakan kepada bank apakah mereka memiliki fasilitas transfer dana seperti ini atau tidak. Pilihlah produk kartu  kredit yang memiliki fasilitas ini karena kita tidak pernah tahu kapan membutuhkannya. Toh kalau tidak digunakan juga tidak dikenakan biaya sama sekali. Selain itu jika produk kartu  kredit tersebut memiliki fasilitas transfer dana ini, pastikan juga biaya yang dikenakan paling kecil dari produk kartu kredit lainnya. Pilih yang mengenakan biaya per transaksi dibandingkan per limit. Saat ini persaingan kartu kredit sangatlah ketat dan banyak pilihan buat konsumen.

Kesimpulannya: biaya transfer dana dari rekening kartu kredit tidak dialami semua pemilik atau pemegang kartu kredit. Jadi bisa diabaikan saja. Biaya ini hanya dikenakan kepada mereka-mereka yang sering membutuhkan dana tunai kartu kredit dan menggunakan fasilitas transfer tunai ini.

Sponsored links Biaya Transfer Dana Kartu Kredit:
 

0 komentar:

Poskan Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab si komentator. Komentar di luar topik apalagi menawarkan bisnis dengan mencantumkan nomor ponsel/telepon pasti dihapus! Berhati-hatilah terhadap segala bentuk penipuan!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons | Konsumen Review