Biaya Permintaan Salinan Bukti Transaksi Kartu kredit

biaya salinan transaksi kartu kredit
Contoh slip transaksi kartu kredit.
Biaya permintaan salinan bukti transaksi kartu kredit (copy sales draft) adalah biaya yang timbul di mana pemiliknya meminta kepada bank untuk mengirimkan kepada mereka bukti transaksi belanja. Jadi tidak semua orang mengalaminya. Hanya nasabah-nasabah yang memang membutuhkan bukti salinan transaksi.

Biaya Salinan Transaksi Kartu Kredit

Seperti diketahui setiap kali kita berbelanja dengan kartu kredit, kita akan mendapatkan bukti transaksi yang disebut sales draft. Contohnya bisa dilihat di gambar samping kiri. Adalah bukti transaksi kartu kredit dengan mesin EDC Permata Bank. Sales draft ini adalah berkas yang muncul secara otomatis dari mesin EDC waktu kartu kredit digesek. Di lembaran bukti transaksi itulah tercantum nama toko (merchant), tanggal transaksi, jumlah transaksi, jenis kartu kredit (VISA atau MasterCard), kode merchant, dsb. Biasanya sales draft ada beberapa lembar atau setidaknya minimal 2 lembar (copy) yakni untuk pemilik kartu kredit dan pemilik toko atau bank.

Yang sering terjadi adalah ketika kita sudah selesai berbelanja dengan kartu kredit lalu menerima salinan sales draft tersebut, kita langsung membuangnya. Atau cuma dilihat sebentar atau disimpan sementara di dompet dan keesokan harinya sudah kita buang ke tong sampah atau di got. Sebenarnya tidak ada masalah. Tetapi bagaimana jika di akhir bulan ada datang tagihan yang membuat kita bingung? Pasti kita sudah tidak menghafal apa-apa saja yang sudah kita beli atau di mana menggesek kartu. Di sinilah kita butuh bukti salinan tagihan ini agar semua menjadi jelas.

Kegunaan Salinan Transaksi Kartu Kredit

Contoh sederhana mengapa kita kadang membutuhkan bukti salinan ini misalnya patungan berbelanja barang dengan teman atau saudara. Janjinya nanti mereka akan menutupi total belanja tersebut. Tetapi begitu waktunya tiba ada yang mengelak. Sementara sudah tidak bukti tagihan atas nilai belanja tersebut karena pas setelah digesek, kita sudah membuangnya di tong sampah. Jadi kita butuh salinan bukti transaksi ini.

Contoh lainnya misalnya ada tagihan yang janggal. Jadi agar semuanya jelas dan bisa kita komplain ke bank maka kita bisa meminta bank mengirimkan salinan transaksi yang pernah kita lewati. Untuk jasa-jasa inilah kita akan dikenakan biaya ini. Besarnya bervariasi mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 100.000 per satu slip tagihan. Jadi kalau sebulan Anda berbelanja sebanyak 100 kali sampai ada yang di luar negeri, tinggal dikalikan saja. Kalau bukti salinan dari toko di luar negeri mungkin saja bisa Rp 250.000 per slip.

Kesimpulannya: jangan anggap remeh slip transaksi yang kita terima. Boleh-boleh saja dibuang tetapi alangkah bagusnya disimpan hingga tagihan datang baru dihancurkan. Pastikan dulu sudah tidak berguna baru dibuang dan kalau bisa jangan dibuang begitu saja. Sobek dan hancurkan kecil-kecil agar tidak bisa dipungut orang untuk dipergunakan data-datanya.

Sponsored links:
Share on Google Plus

Sekilas Biaya Permintaan Salinan Bukti Transaksi Kartu kredit

Mafiakartukredit.com memberikan informasi, edukasi dan hiburan seputar produk perbankan, dunia bisnis dan ekonomi, khususnya produk kartu kredit. Semoga benar-benar bermanfaat dan menghibur kita semua!