Biaya Penggantian Kartu Kredit Baru

Namanya nasib atau lagi apes. Ada kalanya kartu kredit yang kita miliki hilang bersama dompet. Entah itu dicuri atau dicopet orang, jatuh di angkot, tertinggal di kamar ganti baju, terambil suami atau istri lalu lupa taruh di mana, tertinggal di taksi bersama dompet, dsb. Nah, untuk mendapatkan kartu kredit baru bank akan mengenakan biaya ini kepada kita. Biaya ini dianggap wajar sebab untuk membuat kartu baru tentu perlu biaya.
kartu kredit bersama dompet hilang
Waduh, kartu kredit dan dompetku hilang nih!

Biaya Penggantian Kartu Kredit Baru

Besarnya biaya penggantian kartu kredit yang baru (card replacement) ini berbeda-beda setiap bank. Selain itu juga tergantung jenis kartu kredit yang Anda miliki entah itu silver, gold atau platinum. Silakan ditanyakan kepada bank bersangkutan. Yang pernah kami catat sampai tahun 2011 ini adalah besarnya biaya penggantian kartu baru berkisar Rp 25.000 - Rp 200.000. Tiap tahun bakalan naik namanya juga bisnis.

Ada sedikit pengecualian soal biaya penggantian kartu kredit baru. Biaya ini dikenakan khusus untuk kartu kredit yang hilang entah itu disengaja atau tidak disengaja. Jika kartu kredit kita tidak berfungsi atau rusak karena satu dua hal lalu kita minta ganti baru maka tidak adakan dikenakan biaya pergantian ini. Di samping itu ada bank yang menggratiskan biaya penggantian kartu kredit baru untuk pertama kalinya. Jadi kalau kartu kredit Anda hilang untuk pertama kali, bank yang mengirimkan kartu baru secara gratis. Bank menganggap Anda belum terbiasa memiliki kartu kredit sehingga parno atau grogi yang membuatnya hilang. Tetapi untuk kehilangan kartu kredit yang kedua kali dan seterusnya, Anda baru dikenakan biaya. Silakan tanyakan kepada bank Anda mengenai kebijakan seperti ini.

Kesimpulannya: biaya penggantian kartu kredit baru tidak dialami semua orang. Hanya dialami mereka yang kehilangan kartu kreditnya dan meminta kartu baru. Jadi pastikan tidak teledor atau pikun dan selalu menjaga dengan baik kartu kredit yang Anda miliki. Lupa kartu kredit taruh di mana masih mending asal jangan lupa nama bini dan anak sebab bisa kualat. Kartu kredit tak ubahnya uang tunai. Kalau hilang atau tercuri harap segera melapor ke bank agar tidak disalahpergunakan pihak yang tidak bertanggungjawab.

Sponsored links:
Share on Google Plus

Sekilas Biaya Penggantian Kartu Kredit Baru

Mafiakartukredit.com memberikan informasi, edukasi dan hiburan seputar produk perbankan, dunia bisnis dan ekonomi, khususnya produk kartu kredit. Semoga benar-benar bermanfaat dan menghibur kita semua!