Kartu Kredit Bunganya Tinggi

say no to credit card
Say "no" to credit card.
Selain anggapan bahwa kartu kredit adalah hutang, alasan berikutnya orang menolak menggunakan kartu kredit adalah karena bunganya yang terlalu tinggi. Harus dipahami bersama bahwa produk kartu kredit adalah produk perbankan di segmen kredit konsumtif. Artinya dana yang dikreditkan ditujukan untuk keperluan konsumsi (transaksi belanja). Beda dengan pengucuran kredit di segmen produktif. Dengan demikian sudah pasti bunganya sedikit lebih tinggi dari kredit produktif.

Kartu Kredit Bunganya Tinggi

Benarkah kartu kredit bunganya tinggi? Secara kasat mata memang tinggi. Bahkan ada kartu kredit keluaran bank tertentu bunganya menggila dan tidak masuk di akal. Namun selalu perlu diingat bahwa penggunaan kartu kredit dengan benar tidak akan dikenakan bunga sama sekali bahkan tidak ada biaya apapun kecuali mungkin iuran tahunan dan biaya meterai. Jadi atas dasar apa kita bisa mempermasalahkan soal bunga sehingga menolak menggunakan kartu kredit? Hanya orang yang belum paham cara kerja kartu kredit yang selalu kuatir akan dikenakan bunga. Padahal bunga hanya terjadi jika seseorang tidak membayar penuh tagihan yang datang alias nyicil. Jika dibayar penuh tidak ada bunga sama sekali.

Kalau pun pada akhirnya kita mengalami atau menemukan ada kartu kredit yang mengenakan bunga yang terlalu tinggi dengan sistem perhitungan yang tidak jelas, kita bisa berpindah ke kartu kredit bank lain. Ada banyak sekali bank penerbit kartu kredit di Indonesia, mengapa harus risau? Jika kita anggap bunga kartu kredit Citibank terlalu besar, tinggal beralih ke kartu kredit HSBC. Jika kita anggap bunga kartu kredit HSBC terlalu tinggi, tinggal ditutup dan ajukan kartu kredit CIMB Niaga. Jika CIMB Niaga dianggap bunganya enggak karuan, tinggal pindah ke kartu kredit BCA, dst. Gampang kan?

Sebenarnya pengenaan bunga atas penggunaan kartu kredit adalah hal yang wajar. Bank bukan lembaga donor yang tidak memiliki risiko. Bank adalah lembaga bisnis yang tentu saja mengharapkan keuntungan dari semua produk mereka. Jika tidak, bagaimana mereka menutup biaya operasional, membayar gaji pegawai, membeli teknologi, memelihara gedung, inventaris, dsb? Jika ada orang menolak bank hanya karena adanya sistem bunga di setiap produknya, orang itu hanya mau menang sendiri. Sungguh keterlaluan jika kita mau uang orang tetapi tidak mau menanggung biaya yang dikenakan atas proses perpindahan pemakaian uang tersebut. Kalau begitu ya jangan meminjam!

Kesimpulannya: kartu kredit tidak mengenakan biaya apapun apalagi bunga jika dipergunakan dengan bijak sebagai mana mestinya. Bayarlah tagihan secara penuh tepat pada waktunya. Beres! Bagaimana menurut Anda?

Sponsored links:
Share on Google Plus

Sekilas Kartu Kredit Bunganya Tinggi

Mafiakartukredit.com memberikan informasi, edukasi dan hiburan seputar produk perbankan, dunia bisnis dan ekonomi, khususnya produk kartu kredit. Semoga benar-benar bermanfaat dan menghibur kita semua!