Mafia Kartu Kredit adalah website informasi produk perbankan, kartu kredit dan berita ekonomi lainnya. Dapatkan semua ilmu pengetahuan dan bermanfaat yang kami bagikan secara gratis.

Kegunaan Kartu Debit

Contoh kartu debit.
Selain menerbitkan kartu ATM, bank juga menerbitkan kartu debit. Sebenarnya kartu debit adalah kartu ATM itu sendiri. Pada awalnya memang kartu ATM, tetapi karena kemajuan teknologi dan tuntutan hidup semakin meningkat otomatis kartu ATM ditambahkan fungsinya menjadi kartu debit seperti yang kita kenal sekarang ini. Tak heran kita melihat bahwa hampir semua kartu ATM bank-bank terkemuka bisa digunakan untuk transaksi belanja di berbagai toko (merchant). Dengan demikian pengertian kartu debit adalah kartu plastik yang diterbitkan bank yang bisa dipergunakan untuk berbelanja di toko-toko tertentu. Maksud toko-toko tertentu ini adalah toko yang menerima transaksi dengan kartu debit seperti supermarket, toko baju, restoran, hotel, rumah sakit, dsb.

Penggunaan kartu debit otomatis langsung akan memotong saldo tabungan kita. Jika rekening tabungan kita saat ini ada Rp 1.000.000, lalu kita berbelanja baju seharga Rp 200.000, otomatis tabungan sisa Rp 800.000. Persis sama dengan kartu ATM pada saat kita menarik uang tunai dari mesin ATM. Kalau tidak memotong saldo tabungan kita, lantas uang siapa yang dipotong? Jangan percaya orang-orang yang katanya menjual kartu plastik yang bisa mengambil uang bank tanpa mengambil uang orang lain. Ini juga bagian dari penipuan. Kalau bisa ambil uang bank, tentu mereka tidak akan menjualnya tetapi sudah dipergunakan sendiri. Ketika saldo tabungan kita sudah habis, otomatis kartu debit tersebut tidak bisa dipergunakan lagi. Inilah yang membuatnya berbeda dengan kartu kredit.

Macam-Macam Kartu Debit

Kartu debit ditinjau dari sisi penerimaannya untuk berbelanja di sejumlah merchant, bisa dikategorikan ke dalam beberapa kelompok yakni yang bersifat: lokal, regional dan internasional. Lokal maksudnya kartu debit tersebut hanya bisa dipergunakan di negara di  mana bank tersebut beroperasi dan mungkin hanya kota-kota tertentu saja. Biasanya kota di mana bank penerbit kartu tersebut juga membuka kantor cabang. Sedangkan yang bersifat regional maka kartu debit tersebut bisa dipergunakan di cakupan beberapa negara dalam wilayah tertentu misalnya negara kawasan ASEAN, Eropa, dst. Dan biasanya ini juga di negara-negara di mana bank tersebut juga membuka kantor perwakilan atau kantor cabang.

Karena kemajuan teknologi dan mobilitas penduduk dunia terus meningkat, otomatis muncullah kartu debit yang bersifat internasional. Dengan begitu kartu debit ini bisa dipergunakan untuk berbelanja di hampir seluruh dunia melewati batasan wilayah atau negara. Contoh kartu debit yang bersifat internasional adalah kartu debit berlogo: VISA Electron atau MasterCard Electronic. Dari bank mana saja penerbitnya selama berlogo VISA Electron atau MasterCard Electronic, maka bisa digunakan berbelanja hingga ke ujung dunia. 

Contoh kartu debit regional adalah PASPOR BCA. Kartu ini tidak bisa Anda bawa ke Eropa atau Amerika untuk berbelanja karena tidak ada logo VISA Electron atau MasterCard Electronic. Tetapi jika Anda gunakan PASPOR BCA untuk menarik tunai di mesin ATM seluruh dunia memungkinkan karena sudah ada logo Cirrus dan Maestro. Setiap logo memiliki fungsi dan fasilitasnya tersendiri. Sedangkan untuk contoh kartu debit internasional adalah kartu debit Bank Mandiri, Bank Niaga, Bank BII, dsb. Yang perlu Anda lihat adalah logonya bukan nama bank penerbitnya. Rata-rata semua bank di Indonesia menerbitkan kartu debit yang bisa dipergunakan secara internasional. Dan seiring perkembangan industri perbankan maka hampir semua kartu debit sekarang bisa dipergunakan secara global. Perkembangan produk perbankan sangat cepat sekali.

Sponsored links Kegunaan Kartu Debit:
 

4 komentar:

Yans Blogspot mengatakan...

Bagaimana caranya/syaratnya untuk membuat kartu visa elektron/mastercard, mohon infonya dan apakah bisa untuk bisnis via internet/online.

Reno Paray mengatakan...

Untuk cara dan syaratnya, mas bisa konsultasi ke bank dimana mas menabung--misalnya bank Mandiri. Sesuai penjelasan di atas, kemungkinan besar bisa digunakan untuk bisnis online seperti halnya PayPal. :) salam

Reno Paray mengatakan...

Makasih buat infonya :) salam kenal

Israel Irmanto mengatakan...

Apakah bisa mendaftar Paypal tanpa harus menggunakan kartu kredit atau ATM berlogo Mastercard?

Poskan Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab si komentator. Komentar di luar topik apalagi menawarkan bisnis dengan mencantumkan nomor ponsel/telepon pasti dihapus! Berhati-hatilah terhadap segala bentuk penipuan!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons | Konsumen Review