Admin dan manajemen Mafiakartukredit.com mengucapkan "Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah" bagi yang merayakannya. Mohon maaf lahir & batin. Bagi yang mudik harap berhati-hati dan semoga selamat sampai di tujuan.

Manfaat Kartu Prabayar

Contoh kartu prabayar BCA.
Kartu plastik terakhir yang bisa kita jumpai di pasar Indonesia adalah apa yang disebut dengan kartu prabayar (prepaid card). Kartu prabayar adalah kartu yang diterbitkan oleh bank kepada nasabahnya di mana bisa dipergunakan untuk membayar atau transaksi di sejumlah merchant layaknya kartu kredit atau kartu debit. Hanya saja kartu prabayar tidak bisa dipergunakan untuk mengambil uang tunai dari mesin-mesin ATM. Dana yang ada dalam kartu prabayar ini harus diisi langsung (top up) oleh si nasabah sebelum dipergunakan. Cara  mengisinya bisa langsung datang ke loket bank atau melalui mesin ATM menggunakan kartu ATM. Jadi sama seperti membeli voucher pulsa di mana begitu pulsa habis tidak bisa dipergunakan buat berhalo-halo ria  hingga diisi ulang kembali (top up). Namanya juga kartu prabayar di mana bayar dulu baru bisa dipergunakan.

Kartu prabayar memiliki limit maksimal tertentu. Penggunaan kartu ini juga tidak membutuhkan nomor PIN seperti kartu debit atau digesek ke mesin seperti kartu kredit. Kartu prabayar cukup didekatkan atau diletakkan di atas mesin kartu prabayar. Secara otomatis dana akan berkurang sesuai nilai belanja. Kartu prabayar jika hilang secara otomatis bisa dipergunakan oleh orang lain karena tidak ada nomor PIN. Karena itulah mengapa limitnya dibatasi sejumlah tertentu seperti maksimal sebesar Rp 1.000.000 seperti kartu Flazz BCA.

Kartu prabayar membidik segmen pasar tertentu di mana kebutuhan akan mobilitas menjadi sangatlah penting. Dengan adanya kartu prabayar ini diharapkan hal-hal kecil yang merepotkan seperti uang parkir, antrian tol, membeli burger makan siang, isi bensin, dsb.. akan menjadi lebih cepat dan lancar. Jadi tidak perlu lagi mengeluarkan uang-uang receh dan harus menunggu kembalian uang receh yang kadang sangat merepotkan. Yang pernah terjun ke bisnis eceran pasti paham kerumitan dan keruwetan soal ketersediaan uang receh. Waktu jadi lebih efektif dan efisien dengan kartu prabayar. Kurang lebih seperti itu kegunaan dan manfaat kartu prabayar. Contoh kartu prabayar di Indonesia yang kita kenal seperti kartu Flazz dari BCA, e-Toll Card dari Bank Mandiri, dsb. Ada kemungkinan bank-bank lain juga akan mengeluarkan kartu sejenis di masa akan datang.

Dari pembahasan keseluruhan kartu plastik yang ada, dapat kita simpulkan bahwa teknologi di masa depan akan terus berkembang pesat. Bisa saja kartu-kartu baru yang tidak pernah kita pikirkan sebelumnya akan terus bermunculan. Tak heran dalam perkembangan zaman, sebuah kartu yang pada awalnya adalah kartu ATM atau kartu debit akhirnya juga memiliki fungsi-fungsi kartu plastik lain. Contohnya kartu PASPOR BCA yang bisa memiliki fungsi sebagai kartu ATM, kartu debit, kartu cash, dsb. Kartu PASPOR BCA juga bisa digunakan menarik uang tunai di seluruh dunia karena ada logo Cirrus, dsb.

Meski demikian, dari semua jenis kartu plastik yang ada, kartu kredit merupakan kartu plastik terbaik yang pernah dikenal oleh banyak orang. Kartu inilah yang akan menjadi kartu plastik satu-satunya yang benefit,  manfaat dan keunggulannya akan terus ditambah dan diperbaharui sedemikian rupa. 

Sponsored links Manfaat Kartu Prabayar:
 

0 komentar:

Poskan Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab si komentator. Komentar di luar topik apalagi menawarkan bisnis dengan mencantumkan nomor ponsel/telepon pasti dihapus! Berhati-hatilah terhadap segala bentuk penipuan!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons | Konsumen Review