Manfaat dan Jenis Kartu Prabayar

Contoh kartu prabayar.
Kartu plastik terakhir yang bisa kita jumpai di pasar Indonesia adalah apa yang disebut dengan kartu prabayar (prepaid card). Kartu prabayar adalah kartu yang diterbitkan oleh bank kepada nasabahnya di mana bisa dipergunakan untuk membayar atau bertransaksi di sejumlah merchant layaknya kartu kredit atau kartu debit. Cara penggunaannya kebanyakan bukan dengan digesek melainkan cukup ditempelkan saja ke mesin yang ada.

Kartu prabayar ini tidak bisa dipergunakan untuk mengambil uang tunai di mesin-mesin ATM melainkan hanya untuk berbelanja atau melakukan pembayaran. Limit kartunya juga tidaklah besar dan harus diisi ulang oleh kita sendiri sebagai pemegang kartu dengan cara top up dan biasanya lewat mesin ATM. Mirip pengisian pulsa listrik atau pulsa telepon selular.

Kartu prabayar ini tidak membutuhkan PIN untuk verifikasi atau bertransaksi. Setiap kali penggunaan kartu ini maka secara otomatis akan mengurangi saldo. Begitu saldo habis maka kartu ini tidak dapat dipergunakan lagi kecuali sudah diisi ulang kembali (top up). Karena kartu ini tidak membutuhkan verifikasi, nomor PIN atau tanda tangan, maka jika hilang atau tercuri bisa dipergunakan oleh orang lain. Karena itu limitnya pun dibatasi oleh bank sebagai penerbitnya. Maksimal kalau tidak ada perubahaan adalah Rp 1.000.000 untuk kartu prabayar Flazz dari BCA.

Kartu prabayar mudah dimiliki yakni cukup mengajukannya kepada bank di mana kita menabung. Bahkan beberapa bank juga bekerja sama dengan sejumlah oultet atau merchant untuk mengeluarkan kartu seperti ini. Saldonya tinggal diisi ulang saja lewat mesin ATM. Namun tidak semua bank menerbitkan kartu seperti ini. Kalau tidak salah hanya bank BCA (Flazz) dan Mandiri (e-Toll) yang mengeluarkan kartu prepaid. Biasanya diperuntukkan untuk untuk berbelanja di minimarket, membayar biaya tol di gerbang tol atau mengisi bensin di SPBU.

Karena perkembangan teknologi semakin maju dan kebutuhan manusia semakin kompleks, ada kemungkinan suatu hari nanti satu jenis kartu plastik bisa saling melengkapi atau saling berhubungan fungsi-fungsi dan kegunaannya. Hanya waktu yang bisa menjawabnya.

Sponsored links:

0 komentar:

Poskan Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab si komentator. Komentar di luar topik apalagi menawarkan bisnis dengan mencantumkan nomor ponsel/telepon pasti dihapus! Berhati-hatilah terhadap segala bentuk penipuan!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons | Konsumen Review