Digital Signature Kartu Kredit

Perhatikan tanda tangan di samping foto. Kalau tidak salah baca tertulis "Orora Beroba" atau "Orora Geroba". Inilah yang disebut dengan digital signature yang langsung ditampilkan di lembaran kartu kredit. Dan itu adalah tanda tangan sih pemilik kartu kredit tersebut.
Selain fasilitas foto di lembaran kartu kredit, kita juga bisa mempertimbangkan adanya pencantuman digital signature di kartu kredit. Apa maksudnya digital signature? Apa manfaatnya? Berikut kami berikan sedikit penjelasannya.

Digital Signature Kartu Kredit

Digital signature atau tanda tangan digital sebenarnya bukan sesuatu yang diharuskan. Ini hanya semacam proses verifikasi tanda tangan via perangkat elektromagnetik. Sama seperti ketika kita berbelanja lalu diharuskan membubuhkan tanda tangan di perangkat digital seperti mesin EDC. Nah, tanda tangan semacam inilah yang langsung dipindai ke dalam kartu secara fisik dan bisa dilihat secara kasat mata. Memang setiap kali kita mendapatkan kartu kredit, kita sudah dimintai untuk membubuhkan tanda tangan di belakang panel kartu kredit. Namun keberadaan fasilitas tanda tangan digital ini sebenarnya ada manfaatnya juga. Kalau tanda tangan manual siapa saja bisa melakukannya, tetapi kalau langsung tercetak di kartu bukankah lebih mantap?

Pada prinsipnya sama seperti foto di kartu kredit. Ada tidaknya foto tidak menjadi soal sebab kartu kredit adalah alat transaksi elektromagnetik yang berdasarkan verifikasi digital. Namun dengan adanya foto bukankah lebih meyakinkan kasir merchant bahwa kita adalah pemilik sah dari kartu kredit tersebut? Jadi kurang lebih sama dengan fasilitas tanda tangan digital (digital signature) ini. Kasir tinggal mencocokkan tanda tangan tanpa harus membalik kartu kredit kita.

Kartu kredit yang pernah memposisikan dirinya sebagai kartu kredit yang menawarkan digital signature ini adalah kartu kredit Citibank. Anda bisa melihat contoh gambar kartu kredit di atas. Ada tampilan tanda tangan di depan kartu bukan? Tepatnya di samping foto. Nah, tentu saja di belakang kartu ada tanda tangan kita juga. Jadi ada dua macam tanda tangan: yang tercetak secara digital secara langsung dan manual yang kita bubuhkan sendiri. Memang tidak ada pengaruhnya terhadap manfaat kartu kredit secara langsung tetapi ya lumayanlah buat kebanggaan kita.

Sepertinya hanya kartu kredit Citibank yang pernah menawarkan fasilitas seperti ini. Namun seiring dengan perkembangan kartu kredit EMV chip yang lebih canggih maka lambat laun pencantuman tanda tangan ini pun mulai ditinggalkan. Padahal ada manfaatnya loh. Bagaimana menurut Anda?

Sponsored links Digital Signature Credit Card:
 
Share on Google Plus

Sekilas Digital Signature Kartu Kredit

Mafiakartukredit.com memberikan informasi, edukasi dan hiburan seputar produk perbankan, dunia bisnis dan ekonomi, khususnya produk kartu kredit. Semoga benar-benar bermanfaat dan menghibur kita semua!