Situs mafia kartu kredit sedang melakukan pembenahan konten agar lebih jelas dan lebih mudah dipahami sesuai perkembangan kebijakan kartu kredit terakhir.

Lamanya Waktu Penagihan Kartu Kredit

"Mangsa yang empuk. Sekali santap 2 nasabah tertangkap. Bisa kenyang 6 bulan." Foto: syndicam.com.
Pertimbangan berikutnya untuk mendapatkan produk kartu kredit terbaik adalah soal "lamanya waktu penagihan". Semakin lama waktu penagihan maka semakin baik. Harap Anda camkan baik-baik. Apa maksud waktu penagihan ini? Berikut kami jelaskan kepada Anda semua.

Billing Cycle Days Credit Card

Lamanya waktu penagihan kartu kredit kadang juga dikenal dengan istilah "grace period" atau "billing cycle days". Artinya batas waktu toleransi yang diberikan bank untuk melunasi tagihan kartu kredit yang sudah kita pergunakan di hari sebelumnya. Lamanya tentu berbeda-beda antar bank penerbit kartu kredit itu sendiri. Bank biasanya juga bermain di sini untuk menarik nasabah. Anda pasti tahu bahwa begitu kartu kredit kita pergunakan (gesek berbelanja atau tarik tunai) maka kita tidak langsung ditagih. Bank memberikan jangka waktu sekian hari (rata-rata 1 bulan) baru kemudian tagihan dicetak dan datang ke alamat rumah atau kantor kita. Setelah itu baru kita bayar sesuai dengan kemampuan kita. Bukankah demikian?

Nah, sekarang Anda bayangkan: misalnya kartu kredit kita gesek tanggal 1 Mei 2012 lalu kemudian tagihan datang dan batas waktu pembayaran terakhir (jatuh tempo) adalah tanggal 1 Juni 2012. Ini artinya kurang lebih ada 30 hari batas tenggangnya (grace period). Bandingkan jika ada kartu kredit lain misalnya kita gesek per 1 Mei 2012 lalu tagihan datang dan batas jatuh tempo adalah 15 Juni 2012. Anda pilih yang mana? Pasti pilih yang jatuh tempo 15 Juni 2012 bukan? Mengapa? Karena kita masih punya waktu 15 hari untuk mencari uang guna melunasi tagihan kartu kredit kita. Brilian!

Selain itu jika Anda tipe nasabah yang melunasi tagihan secara full tak perlu kejar-kejar waktu mencari uang, tentu saja uang kita di tabungan dalam jangka waktu 15 hari sudah mendapatkan bunga lagi, bukan? Yang masih belum paham soal menikmati bunga ini silakan menyimak manfaat kartu kredit klik di sini. Sudah pernah kita bicarakan beberapa waktu silam. 

Mungkin sampai di sini ada yang nyelutuk, "Alaa..berapa sih bunga bank dalam waktu 15 hari tersebut? Kok ribet amat!"

"Maaf Mas, kalau limit kartu kredit cuma Rp 3 juta ya tidak seberapa bunga Rp 3 juta di bank. Bahkan minus karena biaya administrasi. Itu kan ente! Jangan samain dengan orang lain dong. Kalau ane punya limit Rp 300 juta per kartu, lalu ane pergunakan 3 kartu saja sudah hampir Rp 1 milyar. Emang gak mau bunga 15 hari dengan dana Rp 1 milyar di deposito? Makanya kalau ente komentar tolong pakai otak. Jangan pakai dengkul. Jangan samain orang lain dengan ente."

Waktu Pencetakan Tagihan vs Waktu Tagihan Jatuh Tempo

Pilih kartu kredit yang billing cycle days paling lama dan pintar-pintar menyiasati pola belanja dengan mempertimbangkan tanggal pencetakan tagihan dan tanggal jatuh tempo!

Harus Anda ingat dan perhatikan bahwa waktu penagihan ini memiliki dua komponen yakni: tanggal pencetakan tagihan dan tanggal tagihan jatuh tempo. Tanggal pencetakan tagihan biasanya sudah pasti (fix) dan tidak akan berubah terkecuali kebijakan dari bank. Dalam 3 bulan pemakaian sejak kartu kredit Anda disetujui, Anda sudah akan tahu kepastian tanggalnya. Bank sudah bisa menetapkan tanggalnya dari pola belanja Anda. Bahkan ada bank yang sejak awal mengisi aplikasi kartu kredit, mereka sudah meminta Anda menentukan sendiri.

Biasanya di kedua komponen inilah nasabah kartu kredit "bermain" termasuk kawanan mafia kartu kredit. Semua pembicara seminar kartu kredit entah topik "kaya lewat kartu kredit", "modal usaha kartu kredit", "meledakkan limit kartu kredit Rp 1 milyar", dsb...dsb... selalu memastikan Anda memahami kedua hal ini dengan baik. Sebab dengan mengerti 2 hal ini akan membuat kita bisa memaksimalkan masa tenggang penagihan ini. Mau contoh? 

Misalnya tanggal pencetakan tagihan adalah 23 April. Begitu tagihan dicetak tentu tidak langsung Anda terima bukan? Tagihan harus dikirim. Katakanlah tagihan dikirim sampai ke rumah atau kantor membutuhkan waktu 2 hari kerja. Jadi tagihan Anda terima per tanggal 25 April. Nah, katakanlah kartu kredit tersebut memiliki masa tenggang secara umum yakni 30 hari. Jadi begitu Anda baca tagihannya maka otomatis tanggal jatuh temponya adalah 25 Mei. Ini berarti ada waktu tenggang kurang lebih 30 hari (satu bulan). Pertanyaannya adalah: apakah semua tagihan yang tercetak per tanggal 23 April otomatis jatuh tempo per tanggal 25 Mei? Belum tentu!

Patokan pertama adalah kebijakan bank itu sendiri. Jadi secara konsep sudah pasti kita harus memilih kartu kredit yang memiliki waktu penagihan paling lama. Yang cepat-cepat menagih sebaiknya dibakar saja kartunya atau buang ke lautan samudera diterkam ikan hiu. Apa tidak kapok dibohongin bankir terus? Untuk mengetahuinya silakan bertanya kepada rekan-rekan Anda yang sudah pernah menggunakan berbagai macam kartu kredit atau apply sendiri dan praktekkan. 

Kedua adalah pola belanja Anda. Kalau Anda berbelanja di tanggal-tanggal mendekati tagihan dicetak (biasanya 1 - 3 hari sebelumnya) maka ada kemungkinan nilai belanja tersebut akan langsung tertagih. Jadi untuk belanja tersebut kita tidak memiliki masa tenggang yang bagus. Sama seperti pinjam uang tetangga di mana begitu besok buka pintu rumah sudah disapa tetangga menagih uang. Lalu bagaimana? Begini Kawan, kalau percetakan tagihan adalah 23 April, maka belanjalah di tanggal-tanggal 24 - 25 April (pokoknya setelah tagihan dicetak). Otomatis tagihan belanja 24 - 25 April ini akan dicetak di tagihan bulan berikutnya per tanggal 23 Mei. Jadi sudah butuh waktu 30 hari + pengiriman 2 hari + tanggal jatuh tempo = bisa lebih dari 45 atau bahkan 50 hari. Paham?

Jadi sekarang pilih yang mana? Pilih yang waktu penagihannya cepat atau paling lama? Menurut penelusuran kami salah satu produk kartu kredit yang tergolong lama waktu penagihan sampai jatuh tempo adalah kartu kredit HSBC. Sekali lagi kami tidak mempromosikan HSBC loh. Kami berbicara apa adanya sesuai pengalaman kami. Sekarang waktunya bagi Anda untuk mempraktekkannya sendiri. Jangan mau terus dikadali bankir, orang-orang bank dan pejabat terkait. Jangan mau terus mengkayakan anak cucu mereka. Anak cucu mereka saja sudah sekolah ke luar negeri sampai Amerika, sementara kita tamat SMA saja tidak. Kapan bisa bersaing dengan mereka?

Sponsored links Billing Cycle Days Credit Card:
 

0 komentar:

Poskan Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab si komentator. Komentar di luar topik apalagi menawarkan bisnis dengan mencantumkan nomor ponsel/telepon pasti dihapus! Berhati-hatilah terhadap segala bentuk penipuan!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons | Konsumen Review