Mafia kartu kredit berhenti menambah konten untuk memberi pelajaran bagi penduplikasi artikel (copy paste/rewrite/spin) oleh blog/situs lainnya. Jika Anda tidak menemukan artikel yang lebih bermutu dari yang kami tampilkan di sini, maka sesungguhnya apa yang mereka tayangkan itu tidak ada apa-apanya tentang topik kartu kredit.

Asuransi Pembelian Kartu Kredit

Asuransi perlindungan pembelian.
Setelah fasilitas executive lounge di sejumlah bandara udara, manfaat berikutnya dalam menggunakan kartu kredit adalah adanya asuransi pembelian barang (purchase protection). Apa maksudnya asuransi pembelian barang seperti ini? Berapa nilai pertanggungan yang akan dicover? Berikut ini kami jelaskan secara sederhana. Untuk lebih detil tentu Anda sebagai pemegang kartu wajib menanyakannya kepada pihak bank penerbit kartu atau Anda harus memilih card issuer yang benar-benar memberikan perlindungan seperti ini. Jangan pernah memilih bank atau penerbit kartu yang tidak kompeten.

Pembelian Barang Dilindungi Asuransi Kartu Kredit

Mungkin kurang tepat kalimat di atas bahwa barang-barang yang kita beli dilindungi oleh asuransi kartu kredit. Yang benar mungkin adalah bahwa setiap barang yang kita beli dengan kartu kredit, secara otomatis dilindungi asuransi pembelian dan ini bisa saja oleh pihak ketiga yakni perusahaan asuransi yang bekerjasama dengan bank sebagai penerbit kartu. Untuk lebih jelas mengenai jenis perlindungan asuransi pembelian ini, mari kami ambilkan contoh sederhana.

Katakanlah Anda membeli sebuah unit televisi digital flat internet TV merek Sony keluaran terbaru seharga Rp 25 juta. Katakanlah Anda membeli unit televisi tersebut dengan kartu ATM, kartu debit atau mungkin membayar tunai. Lalu televisi tersebut Anda angkut dan bawa ke mobil yang terparkir di halaman parkir depan toko. Karena satu dua hal dan tidak disengaja, saat televisi tersebut diangkat dan hendak dimasukkan ke dalam mobil, tangan Anda menyenggol spion mobil sehingga keseimbangan tidak ada membuat televisi tersebut jatuh ke aspal. Retak kaca televisi tersebut. Otomatis televisi tersebut tidak bisa dipergunakan dengan normal atau bahkan rusak. Nah, untuk kasus seperti ini, siapa yang akan mengganti televisi Anda tersebut?

Atau untuk kasus lain katakanlah unit televisi tersebut sudah Anda masukkan ke mobil, namun Anda ketinggalan sesuatu di toko. Anda segera menuju ke toko namun begitu kembali mobil Anda sudah rusak dicongkel maling dan televisi Sony internet TV tersebut sudah hilang digondol maling. Nah, siapa yang menggantikan televisi tersebut? Apes sekali bukan? Uang ludes, televisi hilang. Padahal kita tahu sendiri saat ini kasus pencongkelan kaca mobil, pencurian barang di mobil begitu marak.

Jelas tidak ada yang akan menggantikannya kepada Anda untuk kedua kasus tersebut. Pemilik toko jelas tidak mau karena ini kesalahan Anda sendiri karena kurang berhati-hati. Jangan pernah berharap toko atau penjual akan mengganti apa yang kita beli. Dalam praktek bisnis secara umum saja penjual sering mengkadali pembeli dengan tulisan, "barang yang sudah dibeli tidak bisa ditukar atau dikembalikan", nah boro-boro minta diganti. Tukar saja sulitnya minta ampun! Jaminan garansi pun terbatas pada jaminan penggunaan dan pengoperasian produk, bukan pada musibah jatuh rusak seperti itu. Apes sekali bukan? Yang ada uang Rp 25 juta melayang lenyap dengan mendapatkan televisi yang retak atau pulang gigit jari. Lain halnya jika pada saat itu Anda membeli unit televisi Sony internet TV tersebut dengan menggunakan kartu kredit. Jika musibah itu terjadi dan itu bukan kesengajaan, maka pihak bank akan mengganti biaya atas musibah seperti itu. Inilah yang dinamakan asuransi perlindungan pembelian (purchase protection).

Asuransi pembelian ini berlaku di toko mana saja di seluruh dunia di mana barang tersebut kita belanjakan dengan kartu kredit. Wow! Seluruh dunia dan semua toko yang menerima transaksi pembayaran kartu kredit. Fantastis bukan? Jadi bukan hanya toko-toko di Indonesia seputar Glodok, Hartono, Mangga Dua, Hi-Tech Mall, Marina Plaza, dsb., melainkan bisa di Korea, Hongkong, USA, Singapore, Afrika Selatan bahkan ujung dunia sekalipun selama ada toko dan menerima kartu kredit. 

Asuransi yang dicover ini meliputi asuransi kehilangan atau kerusakan produk yang kita beli yang terjadi secara tidak disengaja. Produk yang dicover ini bukan hanya produk elektronik melainkan semua produk yang kita beli dengan kartu kredit. Untuk lebih detil mengenai kriteria pertanggungan jenis produk, minimal pertanggungan dan syarat, Anda wajib menanyakan kepada bank penerbit kartu kredit. Karena setiap bank memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Ada yang mensyaratkan minimal pertanggungan, maksimal pertanggungan, jumlah pertanggungan per hari atau per kejadian, dsb. Namun bagaimanapun juga jauh lebih untung berbelanja dengan kartu kredit dibandingkan dengan uang tunai atau kartu debit. Meski cuma diganti 50% saja sudah bagus daripada tidak ada yang menggantikannya dan harus pulang gigit jari, bukankah begitu? Yang penting sebagai konsumen adalah kita harus pandai memilih penerbit kartu kredit yang profesional dan kompeten. Bagaimanapun juga bisnis asuransi adalah permainan kata-kata atau "janji hidup sesudah mati".

Dua hal yang harus Anda ketahui berkaitan dengan jenis asuransi perlindungan pembelian ini yakni:

Sponsored links Asuransi Pembelian Dengan Kartu Kredit:
 

0 komentar:

Poskan Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab si komentator. Komentar di luar topik apalagi menawarkan bisnis dengan mencantumkan nomor ponsel/telepon pasti dihapus! Berhati-hatilah terhadap segala bentuk penipuan!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons | Konsumen Review