Perluas Pasar Dengan Kartu Kredit

pangsa pasar global dengan kartu kredit
Tren konsumen berbelanja atau bertransaksi online sudah mulai berkembang.
Manfaat terakhir yang ingin kami utarakan buat kalangan usahawan adalah bahwa kartu kredit memungkinkan perusahaan memperluas pangsa pasar. Apa maksudnya dan bagaimana ini bisa terjadi? Kalau kemarin kita sudah mengetahui bahwa kartu kredit bisa meningkatkan omset penjualan di mana menerapkan semacam trik penjualan sistem kredit (memanfaatkan kartu kredit), tetapi pengertian memperluas pangsa pasar ini jauh lebih luas. Mungkin lebih cocok jika kita mengatakannya sebagai sarana menjangkau pasar baru (market expansion)


Sekarang bukan lagi zamannya kalau berbelanja harus datang langsung ke alamat sebuah toko. Saat ini adalah era internet di mana untuk urusan berbelanja bisa dari jarak jauh bahkan dari dalam kamar. Yang dibutuhkan hanyalah sebuah laptop atau smartphone yang terkoneksi dengan sambungan internet. Bagaimana cara membayarnya? Bisa lewat paypal, transfer bank, kartu kredit atau mobile banking. Intinya pesan dan beli barang bisa secara instan lewat online.

Karena trend seperti inilah membuat banyak pemilik bisnis membuat website/blog untuk mendukung bisnis mereka. Dengan adanya website atau blog otomatis jangkauan pasar menjadi lebih tidak terbatas. Bayangkan jika kita hanya punya satu toko baju di bilangan ITC Mangga Dua. Yang jadi sasaran target pembeli hanyalah orang-orang yang bisa datang ke ITC Mangga Dua. Padahal penduduk Indonesia ada 250 juta orang lebih tersebar di seluruh pelosok negeri dari Aceh hingga Papua? Apakah kita akan menyia-nyiakan peluang ini? Tentu tidak bukan?

Dengan sebuah blog atau toko online, semua orang bisa berbelanja dan bahkan tak perlu datang jauh-jauh ke ITC Mangga Dua. Selain itu karena kita tidak menyewa toko yang mahal ke pihak pengelola, membuat harga jual produk-produk kita jauh lebih bersaing dari kompetitor yang ada. Bisnis kita juga buka 24 jam penuh, 365 hari tanpa henti. Mana ada toko seperti ini? Tetapi ada jika kita membuat sebuah website atau blog penjualan. Ini hanya berbicara untuk pasar lokal saja. Bagaimana dengan pasar global?

Sudah pasti dengan memiliki website toko atau website perusahaan membuat bisnis kita dikenal di seluruh penjuru bumi. Masalahnya jika kita ingin menjangkau pasar global adalah: kita harus bisa menerima pembayaran dengan kartu kredit. Sebab rata-rata orang di luar negeri terutama negara-negara maju lebih suka membayar pakai kartu kredit. Dari pangsa pasar terbatas pengunjung ITC Mangga Dua naik menjadi lokal 250 juta penduduk Indonesia meningkat menjadi 5 milyar penduduk dunia. Luar biasa bukan?

Bos Yang Gaptek Teknologi

Taruhlah bisnis Anda tidak atau belum memiliki website perusahaan atau blog penjualan online. Lalu suatu hari ada turis atau pelancong yang datang dari negara maju seperti Amerika, Arab, Jepang atau Eropa dan mampir ke toko Anda. Lalu mereka ingin berbelanja dan tiba-tiba Anda berkata begini,
"Sory Sir. We only accept cash."
Kira-kira apakah Anda akan berhasil menjual produk Anda kepada turis-turis tersebut? Kemungkinan yang terjadi adalah turis tersebut akhirnya hanya berjalan-jalan melihat-lihat saja tanpa membeli. Kita sudah menutup peluang bisnis karena gaptek teknologi.

Kurang lebih itulah alasan terakhir mengapa kartu kredit penting buat kalangan pengusaha atau pemilik toko. Mungkin saja ada yang lain dan akan kami informasikan di tulisan mendatang di lain kesempatan.

Sponsored links:
Share on Google Plus

Sekilas Perluas Pasar Dengan Kartu Kredit

Mafiakartukredit.com memberikan informasi, edukasi dan hiburan seputar produk perbankan, dunia bisnis dan ekonomi, khususnya produk kartu kredit. Semoga benar-benar bermanfaat dan menghibur kita semua!