Mafia Kartu Kredit adalah website informasi produk perbankan, kartu kredit dan berita ekonomi lainnya. Dapatkan semua ilmu pengetahuan dan bermanfaat yang kami bagikan secara gratis.

Layanan Telepon Call Center Bank

Ilustrasi staf call center melayani nasabah.
Tips cerdas memilih kartu kredit yang pertama adalah memperhatikan layanan call center bank penerbit kartu kredit itu sendiri (card issuer). Mengapa hal ini penting? Tak lain karena jika suatu hari kita mengalami masalah selalu ada staf yang standby siap membantu kita. Runyam bukan jika waktu kita telepon tetapi tidak ada yang angkat-angkat? Rasanya mau banting tuh telepon. Ini sama seperti penjual yang lepas tangan atas produk-produk yang mereka jual. Persis dengan seorang pemuda yang menghamili anak gadis orang tetapi tidak mau bertanggung jawab. Sudah pasti semua orang kesal dan benci sekali. Jadi perhatikan layanan call center bank tersebut. Ada banyak yang bisa dipilih masa milihnya yang itu-itu saja?

Sebagai konsumen, tentu kita tidak berharap ada masalah dengan penggunaan kartu kredit kita. Tetapi namanya produk teknologi yang mengandung pita magnetik dan chip maka maka suatu hari bisa saja ada kendala seperti rusak, tidak berfungsi secara baik, sobek, dsb. Penyebabnya juga bisa bermacam-macam seperti terlalu sering kita dekatkan dengan telepon selular, medan magnet atau tertekuk karena ditaruh di dompet sementara dompet sering kita duduki (biasanya laki-laki). Nah, penyebab-penyebab seperti inilah yang kadang membuat kartu kredit tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Tentu sangat tidak profesional jika pada saat kita membutuhkan bantuan e...malah tuh sambungan telepon call center tulalit atau tidak pernah diangkat. Kadang cuma dijawab oleh mesin layaknya mesin operator telepon selular. Kita sebagai konsumen cuma disuruh mendengarkan lagu di mana kita harus membayar pulsa. Apalagi ketika waktu malam hari...tut....tut....tut..... sementara semua stafnya pada libur atau duduk tertawa memandang telepon yang berbunyi, ngegosip artis sinetron atau politikus yang kawin cerai sambil mengorek upil, dsb. Kami rasa Anda pasti pernah kesal tentang pelayanan-pelayanan call center seperti ini.

"Pastikan call center bank penerbit kartu kredit 24 jam nonstop, 365 hari sepanjang tahun baik untuk fast information atau problem solution."

Jadi kesimpulannya adalah: pastikan bahwa layanan call center bank penerbit kartu kredit tersebut adalah 24 jam. Nonstop 365 hari. Kalau yang sudah ada jadwal hari kerjanya jam-jam tertentu saja, tinggalkan saja kartu kredit tersebut. Buang ke laut atau jurang yang dalam. Tak akan ada bagus-bagusnya. Percaya sama kami. Kami sudah mempelajari hal ini puluhan tahun dan sudah mengujinya dengan baik. Kalau ada masalah di kemudian hari dan kebetulan jatuhnya di luar jam kerja atau hari libur, Anda gigit jari Kawan. Mau komplain ke mana? Kalau masalahnya sepele sih tidak apa-apa. Bagaimana jika kartu kredit Anda dijebol hacker atau sindikat mafia kartu kredit? Mau lapor sudah dianggap kejadiannya lebih dari 2 x 24 jam. Apa tidak nyesal punya bank seperti itu? Silakan dipikirkan ulang baik-baik! Tujuan kami di sini adalah membuat Anda pintar.

Bagaimana cara mengetahui layanan call center penerbit kartu? Lho gampang sekali. Bukankah kami sudah memberitahukan nomor-nomor telepon call center bank-bank penerbit kartu kredit? Anda tinggal merujuk ke nama bank tersebut. Lihat dan catat nomor teleponnya. Pura-pura hubungi tanya soal kartu kredit. Atau Anda hubungi saja, jika ada yang berbicara (bukan mesin) maka itu tandanya ada staf yang standby 24 jam. Coba hubungi waktu pagi, waktu siang, waktu sore, waktu senja, waktu malam, waktu tengah malam, waktu subuh. Kalau sudah oke ada yang jawab, maka itulah call center yang oke. Kalau cuma berbunyi,

"Terima kasih....bla...bla....bla...." lalu mati, maka buang saja ke laut kartu kredit bank tersebut.

Semua penjual kecap pasti akan berkata kecapnya nomor satu. Kami ingin Anda perhatikan dua hal berkaitan dengan layanan call center. Jangan hanya mendengar cuap-cuap orang marketing apalagi sales-sales kartu kredit. Kami orang marketing dan kami tahu bagaimana persis orang marketing harus bermain.

Fast Information

Hal pertama yang harus Anda pahami adalah tentang layanan informasi cepat (fast information). Semua layanan call center rata-rata harus ada yang namanya layanan informasi cepat. Jadi staf-staf mereka sudah dilatih sedemikian rupa yang berkaitan dengan product knowledge atau informasi-informasi kartu kredit lainnya. Jika Anda menghubungi call center tetapi si petugas a..i..u..e..o.. atau kagok, itulah bank yang tidak profesional. Buang saja ke laut kartu kredit tersebut. Tanya informasi saja tidak memungkinkan, apalagi meminta bantuan? Sederhana sekali cara membandingkannya.

Problem Solution

Yang kedua dan ini yang paling penting adalah layanan yang berkaitan dengan penyelesaian masalah (problem solution). Kalau fast information kami rasa semua call center berusaha memenuhinya. Itu juga tinggal jawab saja kok. Dikasihkan print out cetakannya dan maka kalau ada yang tanya soal ini dan itu tinggal dibacakan saja. Tetapi kalau soal penyelesaian masalah? Nanti dulu! Ceritanya bisa berbeda. Bank yang hebat adalah bank yang selain memberikan informasi dengan cepat dan menjawab pertanyaan-pertanyaan kita, mereka juga siap membantu kita menyelesaikan masalah yang kita hadapi berkaitan dengan kartu kredit.

Pastikan bank penerbit kartu kredit Anda bukan saja bisa ditelepon 24 jam nonstop tetapi mereka juga akan langsung turun tangan menyelesaikan masalah Anda. Jangan tergoda oleh seksinya suara si petugas call center. Semuanya itu ada skenarionya. Sama seperti senyum manis pramugari. Lantas apakah Anda berbangga jika mendapati si pramugari menebar senyum pada saat naik atau turun pesawat? Itu mah tidak ada nilainya karena itu tuntutan skenario Boss! Terkecuali si pramugari sedang tidak mengenakan seragam lalu ketemu Anda di sebuah mal atau restoran apalagi di kamar hotel. Wah itu baru di luar skenario. Sikat saja Boss! Jadi jangan pas waktu mau blokir kartu, mengganti kartu yang hilang, mengkomplain kartu kredit yang dicuri orang, e malah tidak ada respon. Disuruh hubungi ke sana, hubungi ke sini, disuruh besok telepon lagi, ini dan itu. Cape deh...

Sponsored links Layanan Call Center Bank:
 

0 komentar:

Poskan Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab si komentator. Komentar di luar topik apalagi menawarkan bisnis dengan mencantumkan nomor ponsel/telepon pasti dihapus! Berhati-hatilah terhadap segala bentuk penipuan!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons | Konsumen Review