Admin dan manajemen Mafiakartukredit.com mengucapkan "Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah" bagi yang merayakannya. Mohon maaf lahir & batin. Bagi yang mudik harap berhati-hati dan semoga selamat sampai di tujuan.

Info Terbaru Kartu Kredit Indonesia

Berita terbaru kartu kredit.
Tahukah Anda bahwa persaingan industri bisnis kartu kredit untuk pasar Indonesia akan dimulai tahun 2013? Di atas tahun-tahun tersebut akan menjadi tahun yang paling sulit dan kompetitif untuk para bankir mencerna otak dan mengenjot strategi pemasaran kartu kredit mereka. Bank yang paling hebat dengan pelayanan paling baguslah yang akan bertahan. Sedangkan yang lainnya akan rontok dengan sendirinya ditinggalin nasabahnya. Makanya untuk satu tahun terakhir ini bank-bank mengenjot pertumbuhan kartu kredit mereka agar bisa dimiliki banyak orang sehingga nanti nasabah bisa merasakan dan memutuskan pilihan. Mengapa kami bisa berkata demikian? Ulasan berikut ini akan membuka wawasan Anda.

Berita Panas Bisnis Kartu Kredit Indonesia

Beberapa waktu lalu Bank Indonesia selaku regulator bisnis perbankan di Indonesia baru saja mengeluarkan Peraturan Bank Indonesia (PBI) tentang alat pembayaran menggunakan kartu (APMK). Apa isi aturan baru ini? Berikut ini adalah beberapa poin penting yang harus Anda ketahui yang diatur dengan peraturan baru ini:
  • Minimal gaji pengajuan kartu kredit adalah Rp 3 juta per bulan.
  • Batas limit maksimum pagu kredit adalah 3X gaji.
  • Bunga kartu kredit paling tinggi adalah 3%.
  • Nomor PIN kartu kredit minimal 6 digit.
  • Penghasilan di bawah Rp 10 juta per bulan, kepemilikan kartu maksimal 2 kartu.
  • Penghasilan di atas Rp 10 juta per bulan, kepemilikan kartu tergantung penilaian bank namun limit kartu kredit disatukan.
Aturan baru ini akan berlaku mulai Januari 2013. Saat ini semua bank penerbit kartu kredit diberikan waktu kurang lebih satu tahun untuk sosialisasi dan berbenah. Kami rasa Anda pun sudah harus mempersiapkan diri. 

Minimal gaji Rp 3 juta per bulan.

Tahun 2013 diseragamkan minimal penghasilan pengajuan kartu kredit untuk semua bank adalah Rp 3 juta. Tentu saja ini untuk jenis kartu silver (regular). Jika gaji Anda tidak mencapai Rp 3 juta per bulan otomatis kartu kredit Anda tidak akan pernah disetujui. Jadi sudah seragam sehingga bank-bank tidak bisa bermain-main seenak mereka hanya untuk mengejar target.

Batas limit maksimum 3x gaji.

Tidak akan ada lagi istilah kartu kredit berlimit lebih atau naik sedemikian rupa karena "digoreng" oleh pemilik kartu dengan teknik-teknik tertentu. Saat ini Anda pasti tahu beberapa trik untuk meningkatkan limit kartu kredit sehingga bisa dijadikan modal buat usaha. Teknik inilah yang juga dipergunakan mafia kartu kredit. Doakan saja bahwa poin ini hanya untuk persetujuan kartu pertama kali. Bukan mengatur kartu kredit yang sudah dipakai sekian lama. Jika diatur juga maka tamatlah riwayat Anda yang memutar uang gaya kartu kredit.

Bunga kartu kredit maksimum 3%.

Poin ini untuk menyerang institusi perbankan itu sendiri. Jadi tidak ada lagi cerita konsumen atau nasabah yang dijadikan sapi perah untuk memperkaya bankir dan kelompoknya. Pemberlakuan aturan ini otomatis akan membuat bank-bank harus lebih pintar dan cerdik menyiasati persaingan yang bakal seru. Poin ini menguntungkan nasabah.

Nomor PIN kartu kredit minimal 6 digit.

Poin ini untuk melindungi kepentingan nasabah. Saat ini bahkan ada kartu kredit yang nomor PIN-nya hanya 4 digit yang tentu lebih mudah dibobol sindikat mafia kartu kredit. Bahkan sepertinya bank tidak ada inisiatif untuk berperan melindungi nasabahnya. Nanti tidak ada lagi yang 4 digit melainkan minimal 6 digit. Bisa 8 digit atau 10 digit tergantung kepada nasabah atau aturan bank.

Jumlah kepemilikan kartu tiap nasabah.

Mungkin inilah aturan yang sedikit mencengangkan Anda. Bersiap sedialah! Kalau sekarang Anda memiliki 5 buah kartu kredit sedangkan penghasilan bulanan Anda di bawah Rp 10 juta, nanti di tahun 2013 Anda diharuskan memilih 2 kartu saja. Jadi dari 5 bank tersebut Anda harus memilih 2 kartu yang menurut Anda paling baik pelayanannya. Kalau Anda jeli, saat ini Anda bisa segera apply kartu kredit lainnya karena akan lebih mudah diloloskan. Bank yang pintar akan berusaha memperkenalkan fitur-fitur kartu kredit mereka kepada nasabah baru, sebab jika tidak maka tahun 2013 sudah pasti orang-orang tidak akan lagi bisa apply atau berminat mengajukan kartu kredit lagi. Karena memang tidak memungkinkan.
Tahun 2013 kebanggaan seperti ini akan sulit lagi Anda miliki. Maksimal 2 buah kartu kredit atau lebih tetapi limitnya disatukan. Waktunya mempersiapkan diri! Sumber foto: kaskus.us.
Sedangkan jika penghasilan Anda di atas Rp 10 juta sementara kartu kredit Anda ada 10 kartu, yang katakanlah dengan limit masing-masing Rp 50 juta, maka nanti total keseluruhan 10 kartu Anda hanya bisa digunakan maksimal Rp 50 juta. Karena batas tertinggi kartu Anda akan dianggap terbagi ke dalam 10 kartu tersebut. Itu pun jika kepemilikan Anda disetujui oleh bank-bank lain. Semua bank nanti akan terkoneksi semua data-data nasabah kartu kredit baik melalui AKKI atau BI. Pasti perangkatnya sudah dipersiapkan BI seperti saat ini yang kita kenal dengan SID (Sistem Informasi Debitur).

Dengan kata lain jika Anda disetujui untuk memiliki 5 buah kartu kredit dengan limit masing-masing Rp 50 juta, begitu kartu kredit A sudah terpakai Rp 50 juta otomatis 4 kartu lainnya decline. Tidak bisa dipergunakan karena limit maksimum Anda adalah Rp 50 juta. Memang limitnya bukan dibagi-bagikan tiap kartu. Mirip sambungan listrik langsam kurang lebih. Melebihi batas tegangan pemakaian otomatis listrik akan jatuh. Jadi kesimpulannya mau tidak mau juga harus memilih kira-kira kartu kredit mana yang paling bagus buat Anda. Sebab jika tidak kita buang-buang uang hanya membayar iuran tahunan.

Kurang lebih itulah beberapa penjelasan akan poin-poin yang penting soal aturan baru BI berkaitan dengan kartu kredit untuk tahun 2013. Aturan ini menguntungkan beberapa bank tetapi menghancurkan bisnis kartu kredit beberapa bank lainnya. Apakah aturan ini akan sukses diterapkan atau akan dilawan oleh bankir dengan berbagai alasan dan cara? Tetaplah bersama kami karena kami akan terus memberikan Anda informasi-informasi terbaru seputar kartu kredit. Persiapkan diri Anda!

Sponsored links: 

5 komentar:

Central mengatakan...

wah yang satu lupa apa dilupan oleh bi. annual fee dan bunga tidak boleh di bungakan lagi. alias anualfee mati di situ tidak boleh kena bunga dan perbelanjanan tidak boleh bunga berbungan jadi cuma 1x bunga. weleh weleh yg penting malah di lupain ...

Central mengatakan...

aduh gan masa 10 kartu cm 50jt seh? amrik aja gak gitu2 amat gan....singapore malaysia gak gitu gan. mangkanya saya bilang urus diri mereka sendiri perketat persetujuan kartu dengan benar sesuai prosedur yg ada pasti aman. kalo di buat gini pegang 10 cm 50jt mending pegang satu satu aja 50jt ngapain pegang kartu bodong. mana bisa tumbuh dan masuk akan perhitungan gini bkin peraturannya sambil minum bir item kaleeee

Central mengatakan...

dipastikan akan terjadi kesibukan telp luar biasa bank akan menghubungi pemegang kartu cm nanya mau pilih mana? hehehe

Central mengatakan...

kalo minum gaji 3jt fair lah semua negara juga ada. dan peraturan ini juga bukan peraturan baru toh yg sekarang juga sama cm beda angkanya aja dari 15jt pertahun jadi 36jt pertahun. bahhhhh basiiiiiiiii

bloggermakassar mengatakan...

coba aja pasti akan merugikan bank sendiri, dipastikan banyak yang macet

Poskan Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab si komentator. Komentar di luar topik apalagi menawarkan bisnis dengan mencantumkan nomor ponsel/telepon pasti dihapus! Berhati-hatilah terhadap segala bentuk penipuan!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons | Konsumen Review