College Program Kartu Kredit

College program kartu kredit.
Pasti ada banyak dari antara Anda yang belum tahu bahwa dulunya kartu kredit juga dipasarkan kepada kalangan mahasiswa secara terbatas. Jadi siapa bilang bahwa kartu kredit hanya bisa dimiliki oleh mereka-mereka yang sudah bekerja, punya penghasilan tetap dan memiliki alamat kantor? Tidak! Anda yang masih kuliah juga bisa memiliki kartu kredit. Maksud kalangan terbatas ini adalah bahwa hanya universitas-universitas tertentu yang dinilai layak oleh bank dan dibidik bank menjadi calon nasabah kartu kredit mereka. Inilah yang dinamakan pemasaran kartu kredit lewat college program.

College Program Kartu Kredit

Lalu apa perbedaan antara penawaran kartu kredit college program dengan penawaran kartu kredit yang sudah kita sebutkan sebelumnya? Apakah kartu kredit college program bisa dipergunakan sama seperti kartu kredit yang ditawarkan dengan cara lain? Bagaimana untuk memilikinya?

Bentuk, fungsi, kegunaan dan fitur kartu kredit yang diterbitkan sama persis dengan kartu kredit yang diterbitkan lewat program pemasaran lainnya. Kartu kredit tersebut bisa dipergunakan untuk berbelanja, makan-makan bahkan tarik tunai lewat mesin ATM. Namun demikian ada beberapa perbedaan mendasar antara kartu kredit college program dengan kartu kredit yang ditawarkan lewat cara lain. Beberapa perbedaannya adalah:
  • Segmen Pasar
  • Jenis Kartu
  • Limit Kartu Kredit
  • Syarat Dokumen
Segmen pasar kartu kredit college program sudah jelas adalah mahasiswa-mahasiswa dari universitas tertentu. Dengan demikian jika tidak menjadi mahasiswa atau sudah lulus (alumni), tidak mungkin lagi memiliki kartu kredit ini. Sedangkan jenis kartunya adalah jenis kartu biasa (silver). Namanya anak mahasiswa kalau dikasih gold atau platinum nanti tidak bisa bayar, bagaimana? Jangan nantinya  kartu kredit yang disetujui cuma dibawa buat gesek untuk dugem atau ke diskotik saja.

Karena jenis kartunya adalah silver otomatis limitnya pun terbatas sesuai dengan kemampuan kantong si mahasiswa tersebut. Biasanya sih limitnya cuma Rp 1 juta - Rp 2 juta. Dan rata-rata dikasih Rp 1 juta. Tetapi itu untuk tahun-tahun 1990-an. Lumayan loh punya kartu kredit Rp 1 juta pada waktu dulu. Tahu sendiri di tahun 1990-an bukan perkara mudah memiliki kartu kredit. Sedangkan syarat dokumen yang diperlukan biasanya adalah fotokopi KTP atau KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) serta bukti KHS/KRS minimal semester 6. Jadi tidak semua mahasiswa bisa mengajukan permohonan kartu kredit ini melainkan hanya mahasiswa yang dianggap sudah cukup senior dan akan segera lulus.

Formulir aplikasi kurang lebih sama seperti formulir aplikasi kartu kredit pada umumnya. Jika Anda berminat maka harus mengisi data diri dengan lengkap seperti alamat rumah, nomor telepon rumah, nomor telepon saudara tak serumah, rekening tabungan, alamat penagihan dan pengiriman kartu, dsb. Sedangkan alamat perusahaan tentu tidak perlu diisi. Bank anggap Anda masih sekolah jadi alamat perusahaan ya kampus Anda tersebut. Bank tentu akan memverifikasi data yang Anda isi seperti pada umumnya. Dan kalau verifikasi yang didapatkan tidak jelas, tentu permohonan kartu kredit tersebut akan ditolak. Salah satu contoh kartu kredit yang pernah ditawarkan dengan college program adalah kartu kredit Citibank. Kalau tidak salah waktu itu di tahun 1994 - 1996 ketika kami masih kuliah di Universitas Trisakti Fakultas Ekonomi. Saat itu kami juga ditawari kartu kredit Citibank ini. Waktu itu jika punya kartu kredit Citibank sungguh luar biasa. 

Dan lucunya biasanya yang menawarkan kartu kredit tersebut adalah alumni-alumni atau senior-senior yang sudah hampir lulus dan bekerja sebagai sales kartu kredit Citibank seperti itu. Di sudut-sudut kampus selalu ada meja  yang dijaga oleh senior atau alumni yang menawarkan kartu kredit Citibank. Dan sepertinya Citibank hanya membidik kampus-kampus tertentu yang identik dengan mahasiswa yang berlatar belakang ekonomi menengah ke atas. Kalau orang tuanya tidak punya uang, tidak memberikan jatah uang jajan yang cukup, bagaimana bisa kuliah di Trisakti? Kurang lebih begitu pola pikir bankir membidik target market. Jadi kesimpulannya tawaran college program ini tidak ada di setiap kampus atau universitas. 

Seiring perjalanan waktu, program ini sudah tidak dijalankan lagi apalagi ketika Bank Indonesia menerapkan aturan tentang usia minimal kepemilikan kartu kredit, penghasilan minimum, dsb. Namun di masa akan datang bisa saja bank menjalankan program ini kembali yakni khusus untuk mahasiswa yang berusia 21 tahun dan memiliki saldo tabungan yang cukup. Saat ini Bank BCA juga menawarkan kartu kredit kepada mahasiswa di kampus-kampus tertentu tetapi dengan cara menjaminkan nilai tabungan. Tidak perlu mengisi jumlah penghasilan atau alamat kantor. Yang perlu diisi sebatas alamat rumah dan saudara tak serumah. Untuk jenis kartu kredit seperti ini biasanya disebut secured credit card (kartu kredit SCC).

Sponsored links College Program Credit Card:
 
Share on Google Plus

Sekilas College Program Kartu Kredit

Mafiakartukredit.com memberikan informasi, edukasi dan hiburan seputar produk perbankan, dunia bisnis dan ekonomi, khususnya produk kartu kredit. Semoga benar-benar bermanfaat dan menghibur kita semua!