Deskripsi Tagihan Kartu Kredit

Beberapa deskripsi tagihan kartu kredit yang perlu dicermati.
Tagihan kartu kredit yang kita terima baik dalam bentuk cetak atau e-statement memiliki beberapa deskripsi. Kami akan menjelaskan beberapa yang penting di bawah ini agar menambah wawasan kita bersama. Masing-masing deskripsi memiliki manfaat dan kegunaannya masing-masing. Silakan diperiksa kembali.

Deskripsi Tagihan Kartu Kredit

Identitas Kartu Kredit

Yang termasuk dalam deskripsi ini adalah: nomor kartu kredit. Nomor kartu kredit kita akan selalu muncul di sebuah tagihan. Jika nomornya keliru maka itu bukanlah tagihan kartu kredit kita. Pastikan nomor kartu kredit tercantum sama persis dengan kartu kredit kita.

Identitas Nasabah

Nama dan alamat pemegang kartu akan tercantum lengkap dan jelas di lembar tagihan. Alamat ini adalah alamat penagihan yang kita berikan. Bisa alamat kantor atau alamat rumah tempat tinggal. Untuk menyembunyikan beberapa hal atau demi faktor keamanan/otentifikasi, kadang ada barcode yang tercetak pas di bawah identitas nasabah.

Tanggal Penagihan

Tanggal penagihan mencatumkan deskripsi: tanggal cetak tagihan dan tanggal jatuh tempo. Pastikan Anda membayar tagihan sebelum tanggal jatuh tempo.

Informasi Transaksi

Informasi transaksi adalah penggunaan kartu kredit di bulan berjalan termasuk pembayaran yang sudah kita lakukan di bulan sebelumnya. Di deskripsi ini bisa juga tercantum jumlah denda, bunga, materai pelunasan kartu kredit, program belanja cicilan, pengumuman, dsb. Informasi transaksi mengambil tempat paling banyak di sebuah tagihan kartu kredit. Inti dari tagihan kartu kredit adalah informasi transaksi. Pastikan untuk memeriksa dengan baik informasi ini jangan sampai ada tagihan yang tidak dilakukan oleh kita sebagai pemegang kartu.

Ringkasan Penagihan

Ringkasan penagihan merupakan deskripsi jumlah tagihan yang harus kita bayarkan di bulan berjalan. Di sini termasuk total tagihan bulan ini, denda-denda bulan sebelumnya yang ada, biaya administrasi serta minimum payment. Minimum payment adalah jumlah pembayaran paling sedikit yang harus dilakukan untuk tagihan kali ini. Namun saran kami bayarlah full agar tidak terus mengenyangkan anak cucu bankir.

Informasi Kartu Kredit

Yang termasuk di sini adalah pagu/limit kartu kredit yang kita miliki, jumlah batas penarikan tunai (cash withdrawal), informasi bunga (pembelanjaan/penarikan tunai), jumlah poin, dsb.  

Informasi Lainnya

Informasi lainnya bisa berisi tentang bank penerbit, nomor telepon, metode pembayaran, informasi perbankan, alamat korespondensi bank, dsb. Informasi ini ditampilan di halaman belakang tagihan kartu kredit. Untuk tagihan e-statement mungkin tidak ditemui informasi seperti ini.

Kurang lebih seperti itulah beberapa deskripsi tagihan kartu kredit. Pastikan Anda mengerti, memeriksa dan membaca semuanya dengan jelas setiap tagihan kartu kredit datang. Jika ada yang kurang jelas silakan hubungi bank penerbit kartu kredit Anda!

Sponsored links Deskripsi Tagihan Kartu Kredit:
 
Share on Google Plus

Sekilas Deskripsi Tagihan Kartu Kredit

Mafiakartukredit.com memberikan informasi, edukasi dan hiburan seputar produk perbankan, dunia bisnis dan ekonomi, khususnya produk kartu kredit. Semoga benar-benar bermanfaat dan menghibur kita semua!