Prinsipal Kartu Kredit di Indonesia

Logo prinsipal kartu kredit.
Prinsipal kartu kredit (credit card principal) adalah lembaga-lembaga atau perusahaan-perusahaan yang menjalankan transaksi pembayaran kartu kredit. Transaksi ini bisa bersifat nasional (regional) atau bahkan Internasional. Di dunia kita pernah mengenal beberapa prinsipal kartu kredit. Untuk pasar Indonesia itu sendiri mungkin saat ini prinsipal yang paling dikenal adalah VISA dan MasterCard. Jadi dengan kata lain yang dimaksudkan prinsipal kartu kredit itu bukanlah bank penerbit kartu kredit melainkan semacam logo atau merek kartu kredit yang diterbitkan oleh bank tersebut. Tanpa ada logo seperti ini, kartu kredit tidak bisa dipergunakan sebagaimana mestinya. Tentu saja untuk mendapatkan logo seperti ini para penerbit kartu kredit harus bekerjasama dengan prinsipal kartu kredit itu sendiri.

Kalau kartu kredit yang Anda miliki saat ini adalah VISA, maka perusahaan bernama VISA inilah yang menjadi prinsipal kartu kredit Anda. Meski bisa saja kartu kredit Anda dikeluarkan oleh Citibank, BCA, Bank Mega, Mandiri, dsb. Kalau saat ini kartu kredit di dompet Anda adalah Mastercard, maka perusahaan bernama MasterCard inilah yang menjadi prinsipal kartu kredit Anda. Meski bisa saja kartu kredit MasterCard Anda dikeluarkan oleh bank HSBC, Bank Permata, Standard Chartered Bank (SCB), dsb. Karena VISA dan MasterCard menjadi perusahaan yang mengatur dan mengurus transaksi Anda. Jadi boleh dikatakan tanpa adanya prinsipal kartu kredit, sebuah kartu kredit tidak bisa diterbitkan dan dipergunakan sebagaimana mestinya. Prinsipal kartu kredit bisa saja bank itu sendiri atau mungkin sebuah perusahaan jasa biasa. Sebab kita tahu bahwa perusahaan bernama VISA ini asal mulanya memang dari lembaga perbankan itu sendiri. Pokoknya perusahaan yang menjalankan transaksi kartu kredit maka itulah prinsipal kartu kredit. 

Beberapa prinsipal kartu kredit yang pernah dikenal masyarakat secara luas di seluruh dunia adalah seperti tampak di bawah ini. Beberapa sudah tenggelam oleh zaman, beberapa lagi masih bertahan bahkan menjadi semakin besar dan beberapa lainnya merger atau diakuisisi oleh prinsipal lainnya membentuk group baru.
  • Diners Club (Diners Club International)
  • AMEX (American Express)
  • VISA (Visa International Service Association)
  • MasterCard (MasterCard Worldwide)
  • JCB (Japan Credit Bureau)
  • BCA Card (Bank Central Asia)
  • UnionPay (China UnionPay)
  • Access
  • Discover (Discover Card)
  • Barclaycard (Barclay International)
  • Eurocard
  • Dst..
Pokoknya perhatikan logo sebuah kartu kredit. Logonya apa maka itulah prinsipal kartu kredit tersebut. Khusus untuk Indonesia, Bank BCA juga mengeluarkan kartu kredit sendiri yang disebut BCA Card. Ini satu-satunya bank lokal yang menerbitkan kartu kredit sendiri. Sedangkan yang lainnya menerbitkan kartu kredit bekerjasama dengan prinsipal yang ada. Kalau Anda mengajukan kartu kredit BCA biasanya akan diberikan 2 jenis kartu yakni VISA atau MasterCard dan satunya lagi adalah BCA Card ini. Logo BCA Card adalah prinsipal kartu yang dikelola oleh Bank BCA itu sendiri. Mungkin BCA berharap suatu hari mereka juga akan berjaya dan besar seperti VISA atau MasterCard dan tidak tergantung pada kedua perusahaan prinsipal ini.

Coba perhatikan produk kartu Bank BCA di bawah ini untuk lebih jelasnya:
Ini adalah contoh kartu kredit BCA Platinum VISA. Penerbitnya Bank BCA tetapi prinsipalnya VISA Internasional. Hampir semua kartu kredit di Indonesia prinsipalnya kalau bukan VISA maka MasterCard.
Kalau yang ini adalah kartu kredit Platinum juga tetapi BCA Card. Bank penerbitnya adalah Bank BCA dan prinsipalnya juga Bank BCA. Hanya Bank BCA yang menerbitkan kartu kredit sendiri juga. Makanya BCA masih menjadi bank nomor satu di Indonesia.
Sponsored links Credit Card Principal in Indonesia:
 
Share on Google Plus

Sekilas Prinsipal Kartu Kredit di Indonesia

Mafiakartukredit.com memberikan informasi, edukasi dan hiburan seputar produk perbankan, dunia bisnis dan ekonomi, khususnya produk kartu kredit. Semoga benar-benar bermanfaat dan menghibur kita semua!