Peranan Bank dalam Kehidupan Manusia

peranan bank
Gedung Bank Indonesia (BI) di Jakarta. Di sinilah sumber ide, kebijakan dan penyelesaian semua masalah keuangan dan perbankan di Indonesia. Jika pengurusnya tidak beres dan bukan orang yang kompeten, bermacam kasus akan terus terjadi. Peristiwa politik besar di negeri ini bisa bermuara dari sini.
Pembahasan ini cukup panjang. Bisa Anda lewati jika tidak tertarik dengan sistem perbankan. Produk yang namanya uang atau kartu kredit tidak terlepas dari institusi yang bernama "bank". Setelah memahami sejarah uang, berikutnya yang harus dipahami adalah bank. Bank adalah lembaga atau institusi keuangan yang mengeluarkan uang dan menerbitkan kartu kredit. Bank bukan hanya sebagai tempat menyimpan uang (tabungan) tetapi juga berperan dalam sistem tatanan ekonomi nasional, internasional bahkan global.

Jika tidak ada bank, di manakah kita harus menyimpan uang atau kekayaan kita? Apakah harus menyimpannya di celengan babi, celengan ayam, celengan bambu atau di bawah bantal? Tentu tidak aman karena pencuri bisa mengambilnya kapan saja bahkan mencelakai si pemiliknya. Pencuri akan menyusup diam-diam layaknya kolor ijo, masuk ke dalam rumah dan menggasak semua harta benda kita. Lapor polisi, polisi pun bingung bagaimana harus menangkap pencuri ini. Jadi menabung di bank jauh lebih aman kecuali digondol oleh orang-orang bermental bobrok seperti kasus-kasus kejahatan perbankan yang berhasil diungkap ke publik yang melibatkan beberapa tokoh ternama. Itu yang terungkap sebab banyak lagi yang tidak terungkap, tidak mau diungkap atau memang tidak berani diungkap.

Kedudukan Bank Sangatlah Vital

Kedudukan bank dalam perekonomian sebuah negara sangatlah vital. Institusi perbankanlah yang menciptakan semua jenis mata uang yang ada sehingga kita semua bisa bertransaksi, berdagang hingga menjadi orang kaya. Bisa dibayangkan bagaimana jadinya kehidupan ini jika tidak ada bank? Apa kekayaan kita harus dalam bentuk sembako, rempah-rempah, logam mulia berton-ton di gudang yang bakal lapuk seperti zaman purba atau berisiko dicuri orang? Bagaimana kita harus menyimpan kelebihan uang atau dari mana kita harus meminjam dana untuk keperluan investasi, bisnis, dsb? Bagaimana kita harus membayar rekan bisnis di luar negeri atau mengirimi uang untuk anak-anak kita yang sedang bersekolah di luar negeri? Semuanya dimungkinkan karena adanya bank.

Bank bukan saja sebagai tempat menyimpan kekayaan dalam bentuk tabungan, deposito, giro tetapi juga bisa berperan sebagai lembaga mediator, tempat menyimpan surat berharga, penyimpanan dokumen penting, batangan emas, perhiasan yang sering disebut "safe deposit box", dsb. Menyimpan di bank jauh lebih aman dibandingkan di rumah sendiri sekalipun dijaga satpam atau anjing herder. Selain itu karena diberikan bunga maka secara perlahan-lahan nilai tabungan kita juga akan semakin berkembang meski nilainya kecil sekali. Inilah alasannya mengapa banyak pengamat ekonomi dan perbankan selalu berkata bahwa produk perbankan merupakan salah satu sarana investasi terbaik. Mudah dilakukan yakni cukup mengisi formulir dan relatif lebih aman sebab diproteksi pemerintah lewat regulasinya.


Membahas topik peranan bank dalam sistem ekonomi tidak akan pernah ada habisnya. Itu tugas ekonom atau guru besar di universitas-universitas terutama jurusan ekonomi. Satu hal yang harus kita ketahui bahwa bank diciptakan/didirikan dengan tujuan yang mulia. Jika ada persoalan-persoalan yang akhirnya terjadi seperti kasus BLBI dan Century, itu bukan karena faktor banknya melainkan orang-orang yang berada di kepengurusan bank itu sendiri. Bukan banknya sebagai sebuah lembaga yang harus disalahkan tetapi oknum-oknum yang terkait dengan regulasi dan operasional bank itu sendiri. Kalau memang mentalitas orang tersebut maling maka ditaruh di mana pun tetap akan jadi maling. Kita tidak bisa membakar lumbung hanya untuk memusnahkan tikus.

Meski kasus perbankan di Indonesia sesekali mencuat bak hujan meteor di keheningan malam, bukan berarti bank sudah tidak bisa dipercayai lagi. Kita membutuhkan bank baik secara langsung atau tidak langsung. Tidak semua negara kondisi perbankannya amburadul. Sumber masalah utama lebih kepada manusia atau sumber daya manusia (SDM) negara tersebut. Ada anekdot yang berkata begini.
"Apa saja yang baik kalau diberikan kepada orang Indonesia akhirnya akan menjadi buruk bahkan termasuk agama yang paling mulia sekalipun." 
Benar atau tidaknya, Anda yang putuskan sendiri.

Peranan bank yang pertama adalah menciptakan uang baik uang kertas atau uang logam. Berikutnya adalah menjadi pengontrol sistem moneter, fiskal dan devisa sebuah negara. Otomatis menjadi urat nadi perekonomian sebuah negara. Jika perbankannya rapuh dengan ditempatkannya orang-orang yang tidak kompeten dalam jajaran direksi, atau ada unsur KKN (kolusi, korupsi dan nepotisme) dalam pengangkatan direksi bank maka percayalah ekonomi negara tersebut akan payah. Sangat rentan sekali untuk digoyang oleh pihak lain yang berkepentingan. Dalam cakupan yang lebih luas, bank berfungsi sebagai lembaga kontrol ekonomi secara global (dunia).

Orang Awam dan Perbankan

Sebagai masyarakat awam, kita hanya tahu berbisnis, berdagang, transaksi belanja, bayar ini dan beli itu, gesek-gesek kartu kredit, tarik uang tunai via ATM, mentraktir cewek, dsb. Jika terjadi inflasi atau kondisi ekonomi memburuk, cepat-cepat jari kita menunjuk menyalahkan dan mencaci-maki pemerintah terutama Bank Indonesia (BI), kemenkeu (menteri keuangan), menko ekuin (menteri koordinator ekonomi dan keuangan) atau menperindag (menteri perindustrian dan perdagangan). Padahal kita tidak pernah tahu bahwa pemerintah, khususnya orang-orang BI sudah memeras otak tujuh keliling mencegah dan mempertahankan pertumbuhan dan kondisi ekonomi ini. Mereka harus menyiapkan jurus-jurus pamungkas bertahan dari gempuran para spekulan yang sialnya sangatlah cerdik dan pandai sekali. Bahkan harus mengeluarkan jurus bertahan dari serangan bank sentral negara lain termasuk bank sentralnya Amerika Serikat yang paling dikuatirkan semua bankir di seluruh dunia. Siapa lagi kalau bukan The Fed? Boleh dibilang setiap kebijakan perbankan dari The Fed ini berdampak bagi perekonomian semua negara di dunia.

Maka itu, sebagai masyarakat kita tidak boleh meremehkan tugas pemerintah. Belum tentu kalau kita duduk di sana, kita akan sebaik yang sekarang. Namun, kita juga harus pintar-pintar mendukung pemerintah yang bersih terutama ketika pemilu presiden tiba agar orang-orang yang terpilih nanti bisa menempatkan orang-orang yang benar-benar jenius di bidangnya, penuh integritas dan cerdas. Tidak boleh lagi yang diangkat hanya karena satu partai, kerabat dekat, teman sekolah, teman selingkuh apalagi sanak saudara sendiri. Iya jika orang tersebut kredibel dan mampu, bagaimana jika tidak mampu? Negara ini akan hancur dan banyak rakyatnya yang akan mati kelaparan satu per satu, stres dan gila lalu loncat dari jembatan layang, dst. Jangan berpikir pemimpin seperti itu juga bakalan masuk surga. Banyak orang yang mau tetapi tidak mampu, sementara ada yang mampu tetapi tidak mau.

The Fed Bisa Mengontrol Sistem Ekonomi Dunia

Bicara perbankan, kita juga harus menyinggung sedikit soal The Fed ini. Mungkin ada yang belum sadar bahwa kekuatan ekonomi negara Amerika Serikat (USA) sangatlah berperan penting bagi kondisi ekonomi negara-negara lain termasuk negara berkembang seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dsb. Untuk saat ini masih demikian tetapi tidak tahu beberapa tahun ke depan. Apa yang terjadi di Amerika bisa langsung berdampak serius ke Indonesia. Celakanya adalah bank sentral Amerika tersebut (The Fed) bukanlah bank milik pemerintah seperti BI melainkan milik swasta. Ini sangat berbahaya dan banyak dikuatirkan orang. Satu sisi bisa sangat baik karena tidak dicampuri kepentingan partai politik sebab milik swasta, namun satu titik bisa sangat berbahaya jika tidak bisa dikontrol pergerakannya. Mungkin inilah satu-satunya bank sentral di dunia yang diatur oleh kepentingan swasta.

Bisa dibayangkan jika itu terjadi di Indonesia. Dengan kata lain BI itu ibarat BCA, CIMB Niaga atau Citibank. Milik pemerintah saja amburadul dan banyak permainan serta kepentingan di sana, apalagi milik swasta? Kurang lebih seperti itu logika berpikirnya. Karena itu kekuatan The Fed begitu luar biasa dan sangat dikuatirkan. Dikuatirkan suatu hari The Fed kolaps, mengambil kebijakan non produktif atau berbahaya. Semua negara akan kena imbasnya bahkan Amerika sendiri. Meski demikian, tentu saja di Amerika masih ada beberapa pengontrol kebijakan bank sentral baik melalui lembaga semacam DPR, dsb. 

Menciptakan dan Meniadakan Daya Beli Masyarakat

Uang anjlok nilainya dalam berbelanja (inflasi) sangat tergantung hal ini. Mari kita pahami sejenak peranan bank berkaitan dengan penciptaan atau peniadaan daya beli masyarakat. Tentu saja dengan sejumlah pengecualian. Untuk lebih jelas silakan bertanya kepada profesor-profesor di bangku kuliah atau mantan menteri keuangan atau mantan gubernur bank sentral. Jelas ilmu mereka jauh lebih hebat.

Secara umum, bank berusaha mengumpulkan dana masyarakat dalam berbagai bentuk terutama tabungan. Simbiosis mutualisme di mana kita membutuhkan bank sebagai tempat menyimpan uang dan bank membutuhkan kita sebagai sumber perputaran uang. Dana-dana yang sudah berhasil dikumpulkan ini akan disalurkan kembali. Dan harus disalurkan sebab jika tidak bank akan terbebani biaya bunga. Penyaluran dana seperti ini biasanya disebut penyaluran kredit. Salah satu contohnya adalah produk kartu kredit itu sendiri. Sampai di sini semoga dimengerti. Lalu mengapa bisa dikatakan bahwa sistem penyaluran kredit seperti ini bisa meningkatkan daya beli masyarakat atau menggerakkan perekonomian sebuah negara? Memang tidak sesimpel yang kita pikirkan tetapi ada efeknya secara langsung. Mari kita simak ilustrasi sederhana di bawah ini.

Seorang pedagang mendatangi sebuah bank, mendaftarkan diri menjadi nasabah dan langsung mengajukan pinjaman kredit. Kita anggap semua orang bank baik-baik, bersih, berintegritas dan bekerja secara profesional. Si pedagang (debitur) akan dinilai sesuai kriteria bank. Setelah dinyatakan layak dengan melihat agunannya maka bank akan mengkreditkan sejumlah uang ke rekening si pedagang. Istilah kasarnya mengucurkan kredit. Si pedagang bisa menggunakan dana tersebut untuk kepentingannya baik menarik tunai, melakukan pembayaran dengan selembar cek atau giro, ajak keluarganya makan-makan, melunasi hutang, dsb. Sampai di sini sebenarnya kita mengenal sebuah istilah yang sering disebut "tabungan derivatif". Sebuah tabungan di mana si pemilik tidak perlu memasukkan uang tetapi terdapat sejumlah uang. Tabungan derivatif ini sekarang memiliki banyak turunannya yang semakin rumit dan kompleks yang susah dijelaskan.

Sekarang kita anggap pedagang tersebut juga orang baik dan jujur. Belum terpengaruh gaya hidup jetset metropolitan, tidak memiliki isteri yang mata duitan, belum masuk partai politik, belum kenal yang namanya mark-up harga, tidak memiliki isteri simpanan, dsb. Uang tersebut murni digunakan untuk kepentingan bisnis dan usaha. Pertanyannya adalah: bagaimana jika sebuah negara memiliki banyak pengusaha-pengusaha baik dan jujur seperti ini? Apa yang akan terjadi pada kondisi perekonomian negara tersebut? Perhatikan di bawah ini:

Katakanlah negara tersebut memiliki 3 bank: A, B dan C. Bank A memperoleh total simpanan masyarakat sebesar Rp 1 triliun. Oleh aturan pemerintah biasanya sebagian dana harus disimpan di bank sentral sebagai dana cadangan likuiditas. Katakanlah dana cadangannya 30%. Sisanya adalah Rp 700 milyar. Karena bank adalah lembaga profit yang harus mencetak laba guna membayar bunga kepada deposannya, membayar biaya operasional, secara otomatis mereka perlu pemasukan. Katakanlah total Rp 700 miliar tersebut disalurkan kembali kepada pedagang-pedagang jujur yang sudah kita ilustrasikan di atas. Bagaimana kelanjutannya?

Pedagang-pedagang ini akan saling bertransaksi dan pasti kembali menyimpan dananya di bank. Kita andaikan bank B. Bank B berhasil menghimpun Rp 700 miliar. Setelah mencadangkan 30% maka bank B akan menyalurkan kembali ke masyarakat seperti yang dilakukan oleh bank A yakni Rp 490 miliar (70% x Rp 700 miliar). Dengan begitu bank C akan menerima Rp 490 miliar dan akan disalurkan kembali. Begitu selanjutnya ke bank D, E, F, dst... Untuk lebih jelasnya coba amati tabel ilustrasi yang kami buat di bawah ini:

Bank
Tabungan
Cadangan
Sisa yang disalurkan
Jumlah total
A
1.000 M
300 M
700 M
1.000 M
B
   700 M
210 M
490 M
   700 M
C
   490 M
147 M
343 M
   490 M
Dst…
….
….
….
….

Total dana yang beredar di masyarakat sampai bank C berjumlah Rp 2,190 triliun (1.000 + 700 + 490). Penjumlahan total kolom kelima. Jauh lebih besar dari satu bank yakni bank A bukan? Jika hanya ada bank A maka total dana yang berputar hanya Rp 1 triliun. Makin banyak bank maka makin hidup sebuah perekonomian negara. Pertanyaannya adalah: apa jadinya jika jumlah bank di sebuah negara sedemikian banyak dan beragam? Tentu saja uang derivatif yang diciptakan akan sedemikian besar. Dana-dana seperti inilah yang akhirnya akan menggerakkan sistem perekonomian sebuah bangsa dan negara.

Pada saat kita menggunakan kartu kredit, secara tidak langsung kita menggunakan uang derivatif ini. Kita tidak punya uang tetapi diberikan uang. Kita sedang menggerakkan pertumbuhan ekonomi karena berbelanja ini dan itu. Toko menjadi untung dan bisa membayar gaji pegawainya. Pegawai menerima gaji dan bisa menghidupi keluarganya, berbelanja ini dan itu dan terus berputar. Pabrik diuntungkan sehingga tetap berproduksi, buruh digaji, dst. Semua ini akan terus berputar sedemikian rupa sehingga berjalan dengan baik dan luar biasa. Atas dasar logika seperti inilah maka Anda tahu mengapa keberadaan bank-bank di sebuah negara harus cukup beragam baik itu bank pemerintah, bank swasta, bank asing, bank devisa, bank non devisa, bank perkreditan rakyat, dsb.

Mengapa Orang Mendirikan Bank?

Pertanyaan yang bagus. Dari penjelasan di atas, sekarang kita bisa mengerti mengapa ada banyak konglomerat berlomba-lomba mendirikan bank di zaman orde baru maupun pada saat ini. Waktu zaman orde baru, aturan mainnya masih sangatlah longgar di mana modal yang diwajibkan termasuk kecil. Untuk mewujudkan ambisi agar bisa memiliki bank, para pengusaha ini ada yang rela menjilat pantat pejabat. Kalau pas pejabatnya lagi kentut, si penjilat ini mau tidak mau juga harus menghirup bau kentutnya. Selain itu, kita bisa mengerti mengapa ada banyak pejabat sewaktu menjabat berlomba-lomba menikahkan saudara, cucu atau anak mereka dengan anak konglomerat terutama bankir. Jika tidak berhasil menjodohkannya karena misalnya wajah anaknya terlalu jelek atau penampilannya kurang mendukung, alternatif lain adalah menyusupkan atau menempatkan anak cucu, menantu, mertua, keponakan, adik ipar, kakak ipar, sepupu, dsb.. untuk duduk di jajaran direksi perbankan nasional terutama bank-bank berplat merah (BUMN). Salah satu cara terjitunya adalah mendirikan partai politik atau berkiprah di partai politik. Nanti disusupkan perlahan-lahan dengan cerdik sekali. Sebab siapa yang berkuasa maka dialah pemilik bank-bank BUMN tersebut seperti Mandiri, BNI'46, BRI, Bukopin, BTN, dsb. Semua ini demi uang derivatif yang sangat menggiurkan. Jadi antara pejabat dan pengusaha saling kongkalikong menjilat untuk memuluskan ambisi mereka yang tidak dibawa mati.

Misalnya orang tua kita punya bank. Masyarakat menyimpan dana di bank tersebut. Katakanlah orang tua kita menyalurkan sebagian tabungan kepada kita - praktek lumrah di zaman orde baru -, bukankah kita bisa langsung menjadi orang kaya baru? Katakanlah hanya dapat kucuran modal Rp 50 miliar. Bukankah dengan uang seperti itu kita sudah bisa survive dan jadi generasi konglomerat baru? Apakah dengan Rp 50 miliar itu Anda tidak bisa buka usaha dan sukses? Gampang banget kan? Semua orang pasti bisa sukses seperti anak-anak cucu-cucu konglomerat dan pejabat orde baru yang sekarang eksis. Kecuali Anda benar-benar idiot atau keterbelakangan mental. Masa tidak bisa memanfaatkan uang segar tersebut? Jadi kalau zaman dulu, orang dekat pejabat atau orang tuanya berkawan dengan pejabat lalu sekarang menjadi kaya raya atau pengusaha sukses, itu amat-amatlah wajar. Tak perlu cemburu atau iri hati sebab itu hal lumrah. Yang disayangkan adalah mengapa orang tua kita tidak mau jadi pejabat dan tidak mau menjilat pantat pejabat waktu dulu. Makanya kita sengsara. Itu saja!

Meski kondisi ekonomi porak poranda atau bank-bank yang mereka kelola kedapatan berkasus seperti Bapindo, Bank Duta, sinetron BLBI I, BLBI II, Century, dsb.. toh mereka dan anak cucu isteri keponakan sudah kaya raya oleh tabungan derivatif seperti itu. Masuk penjara 20 tahun pun tidak ada efek karena uang bisa membawa kamar hotel ke penjara atau memindahkan penjara ke Singapura atau negara lain. Siapa yang menjamin mereka tetap ada di dalam sel penjara selama 24 jam kecuali diberitakan wartawan? Tahukah kita bahwa wartawan juga manusia yang bisa disuap? Apakah kita sebagai rakyat kecil mau setiap hari keluar masuk penjara hanya untuk mengecek apakah si A atau si B masih di dalam sel mereka? Konyol sekali bukan? Kurang lebih seperti itulah kondisi yang ada di zaman dulu. Jika penegakan hukum tidak diperkuat, selamanya akan begini dan rakyat yang akan jadi korban termasuk kita semua.

Bersusah payah kita bekerja, hidup hemat, menabung namun ujung-ujungnya uang kita dipakai mereka untuk kepentingan mereka sendiri. Giliran ada masalah, mereka lepas tangan bahkan bersantai-santai saja. Sebenarnya kalau mau jujur, krisis ekonomi 1997-1998 yang terjadi di kawasan ASEAN, krisis keuangan Amerika 2007-2008 yang mengharuskan pemerintah George W. Bush membailout USD 700 miliar dan berbagai krisis keuangan yang pernah terjadi di seluruh dunia merupakan krisis perbankan atau lembaga keuangan. Bukan krisis ekonomi! Lebih tepatnya lagi krisis moralitas pejabat keuangan, bankir-bankir serta broker pasar modal dan pasar uang.

Krisis ekonomi yang sejati adalah krisis yang terjadi akibat kekurangan sumber daya alam dan bencana alam. Saat krisis ekonomi 1997-1998, Indonesia dan negara-negara ASEAN masih kaya raya dan tidak kelaparan. Bukti nyatanya justru pada saat krisis produk-produk komoditas pertanian yang menjangkau pasar ekspor malah panen uang. Karena ada selisih pemberlakuan kurs mata uang. Yang babak belur justru para spekulan mata uang, bankir dan mereka-mereka yang hidupnya bergantung pada produk perbankan baik hutang piutang. Termasuk mereka yang suka menggunakan produk impor di mana harganya selangit. Bukankah begitu?

Tetapi semuanya itu dipermainkan dan dibelokkan sedemikian rupa seolah-olah itu menjadi krisis ekonomi dan membuat semua pemerintah negara manapun harus ikut bertanggung jawab, turun tangan membantu karena sudah masuk krisis ekonomi. Di sinilah permainannya. Tak ubahnya seperti kasus lumpur Lapindo di Sidoarjo. Kepentingan pribadi yang menyebabkan musibah tetapi ingin dibelokkan seolah-olah menjadi bencana nasional sehingga harus ditopang dan ditolong pemerintah. Pemerintah bego namanya jika mau ikut-ikutan menolong. Giliran kaya dan meraup untung, siapakah yang akan menikmatinya? Apakah rakyat Sidoarjo akan dibagi-bagikan uang, sembako atau dibangunkan rumah? Tentu tidak bukan? Kecuali perusahaan tersebut adalah perusahaan milik negara maka bolehlah negara membantu atau turun tangan.

Semua uang bukan hilang lenyap laksana embun terkena panas matahari. Uang itu tetap ada tetapi berpindah tangan sedemikian rupa dan sedemikian cerdik. Yang jadi korban adalah rakyat-rakyat kecil dan orang-orang yang tidak terkait permainan-permainan seperti ini termasuk beberapa pejabat yang jujur dan tulus. Korban dari krisis keuangan di belahan dunia manapun tidak mengenal kaya miskin, pejabat atau rakyat, orang berpendidikan atau buta huruf. Semua disapu bersih bagaikan badai tsunami. Sedangkan mereka-mereka yang terlibat dalam upaya "penciptaan" badai krisis keuangan tersebut senyum-senyum saja. Mau masuk penjara 20 tahun pun rasanya orang-orang seperti Dicky Iskandar Dinata, Robert Tantular, Samadikun Hartono, Adrian Waworuntu, Hendra Rahardja, Eddy Tansil, dsb.. oke-oke saja. Yang penting anak dan cucu cicit mereka sekeluarga tetap jadi orang kaya dan berkecukupan. Malah masuk penjara pun bisa menjadi kebanggaan tersendiri (super hero) minimal buat mata keluarga mereka. Daripada kita, mulai dari kakek buyut kerja mati-matian, kakek banting tulang, ayah kerja pulang malam, kita hancur-hancuran e.. malah harta kekayaan yang kita simpan di bank digondol bajingan-bajingan seperti itu dengan segala kepintaran dan permainan mereka.

Yang lebih konyol adalah ada anak pejabat atau pengusaha yang ketahuan korup tetapi masih membela orang tua mereka dengan berkata,
"Ini politik. Bapak saya bersih. Ini kriminalisasi! Bapak saya orang baik!"
Begh....! Masih tidak tahu malu. Membela orang tua itu sudah jadi kewajiban tetapi harus rasional. Ini disaksikan ratusan juta pasang mata di televisi tetapi tidak sadar. Main bela-bela saja. Tidak tahu bahwa satu orang yang dibanggakan dan dibela-belain itu justru menjadi penyakit atau virus penderitaan bagi jutaan anak-anak atau keluarga lainnya. Jika kondisi seperti ini terus terjadi tanpa ada penegakan hukum, buat apa kita menjadi orang baik? Toh orang baik yang selalu menjadi korban? Di manakah Tuhan? Apa masih ada Allah? Apa gunanya orang beriman, rajin doa puasa, sholat sujud jam-jaman, nyanyi-nyanyi di gereja, sembahyang di pura, dsb? Tidak adakah Tuhan yang bisa mendengar semuanya dan datang menolong? Buktinya tuh pertolongan tidak pernah datang? Jangan-jangan benar bahwa Tuhan itu tidak ada hanya mitos ciptaan manusia yang terus didengungkan setiap minggu!

Konsekuensi Pemerintah Menyelamatkan Bank Bermasalah

kasus bank century
Kasus konyol Bank Century.
Pemerintah yang terus menyelamatkan bank bermasalah bukan tidak ada dampaknya. Selain membuat masyarakat tidak mempercayai pemerintah, juga karena pemerintah butuh dana besar untuk menolong bank-bank tersebut. Salah satunya lewat pinjaman ke luar negeri. Ujung-ujungnya ditekan oleh lembaga donor yang ada. Macam-macam modusnya mulai dari tidak boleh menebang hutan sendiri, mencampuri kebijakan politik dalam negeri, menekan keputusan hukum dalam negeri seperti eksekusi pidana mati narkoba, illegal fishing, dsb. Namanya orang berhutang ya mesti tahu diri juga. Jangan sampai dicap "sudah ngutang tetapi masih tidak tahu diri". Ngenes sekali bukan?

Rupanya kasus Bapindo, Bank Duta, serial BLBI I dan BLBI II tidak menjadi pelajaran buat negeri ini. Apa yang dilakukan oleh pejabat dan konglomerat harus selalu dibantu oleh pemerintah. Mengapa harus dibantu? Tak lain karena pejabat punya kepentingan atau mendapatkan bagian. Jika tidak, mengapa Century harus dibantu? Bank yang tidak begitu dikenal bahkan tidak semua orang punya tabungan di sana harus dibantu seolah-olah akan berdampak sistemis. Hanya orang bodoh yang percaya ucapan seperti itu. Lain halnya misalnya itu adalah BRI, BCA atau Mandiri. Itu wajib dibantu karena banyak orang menabung di sana dan mungkin benar akan berdampak sistemis. Ini bank yang tidak terkenal kecuali oleh mereka-mereka yang memutar uang di sana dan kebanyakan itu adalah spekulan. Spekulan kok dibantu? Ngapain dibantu? Rasain biar mati sekalian!

Nasabah Antaboga Delta Sekuritas seharusnya menyadari jika sebuah produk investasi berani memberikan bunga tinggi, pasti ada yang tidak beres. Masa setelah meledak lalu pemerintah diminta ikut membantu? Ini konyol dan mau menang sendiri. Uangnya diembat orang lain tetapi pemerintah dalam hal ini rakyat harus membantu. Aneh bukan? Semua nasabah Antaboga Delta Sekuritas tersebut adalah orang-orang pintar nan serakah tetapi pura-pura bodoh. Menurut kami biarin saja bangkrut! Tidak perlu ditolong dan rasain sendiri. Jangan begitu menikmati bunga dari perputaran money game tersebut asyik-asyik sendiri namun giliran dibawa kabur uangnya malah minta tolong ke orang lain. Mana ada investasi cuma taruh duit bisa menghasilkan keuntungan 30% apalagi yang model setor menyetor rekrut member yang konon katanya saling membantu? Wong yang dibantu saja tidak tahu orangnya dan apakah benar-benar mengalami kesusahan. Itu namanya mutar-mutar uang dan akan mengorbankan yang terakhir bergabung. Jika yang di atas kabur, maka semuanya hancur berantakan. Masa nanti pemerintah disuruh talangin lagi? Enak benar jadi orang.

Kurang lebih itulah sekilas penjelasan kami tentang bank dan pengaruhnya pada kondisi perekonomian sebuah negara. Sebenarnya sangatlah luas dan panjang. Silakan disimak di artikel-artikel yang sering ditulis oleh para pakar atau di media massa terkenal.

Sponsored links:
Share on Google Plus

Sekilas Peranan Bank dalam Kehidupan Manusia

Mafiakartukredit.com memberikan informasi, edukasi dan hiburan seputar produk perbankan, dunia bisnis dan ekonomi, khususnya produk kartu kredit. Semoga benar-benar bermanfaat dan menghibur kita semua!