Pembayaran Kartu Kredit Debit Rekening

Pembayaran kartu kredit lewat debit rekening.
Cara pertama untuk membayar tagihan kartu kredit adalah lewat fasilitas debit rekening. Namun untuk dapat melakukan debit rekening, kartu kredit yang kita miliki haruslah kartu kredit yang juga dikeluarkan oleh bank yang sama. Selain itu tabungan kita juga harus selalu tersedia saldo yang cukup. Biar gampang, contohnya begini:

Kita sudah lama menjadi nasabah BCA. Suatu hari BCA menawari kita fasilitas kartu kredit. Untuk melakukan pembayaran tagihan kartu kredit BCA tersebut, kita bisa menugaskan pihak BCA untuk langsung mendebit (memotong) saldo tabungan kita. Misalnya tabungan Tahapan BCA atau tabungan giro, dsb. Jadi setiap bulan kita akan mendapatkan tagihan yang langsung berisi informasi pembayaran lewat debit rekening.

Kelebihan, Keunikan dan Kekurangan Debit Rekening

Debit rekening ada keunikannya tersendiri. Entah benar atau tidak tetapi ini cukup masuk akal dan dilakoni banyak orang. Meski demikian bankir bukan orang bodoh sehingga apapun yang dilakukan oleh nasabah, mereka akan dengan  mudah mengantisipasinya. Perlu diketahui bahwa beberapa waktu lampau, jika kita memilih debit rekening, biasanya proses persetujuan kartu kredit akan lolos 100%. Mengapa bisa lolos? Pertama, kita nasabah mereka. Kedua, bank langsung bisa melacak saldo kita dan terakhir bank tidak perlu repot-repot menagih ke kita.

Jadi keunikannya adalah: jika kita memilih debit rekening biasanya proses persetujuan kartu kredit akan lebih mudah disetujui. Dengan catatan saldo tabungan kita harus selalu cukup dan kredibel (mutasi, transaksi, payment, dll) selalu tampak aktif bukan pasif.

Selain keunikan di atas, debit rekening juga punya keunggulan. Salah satu di antaranya adalah kita tidak perlu repot mengingat tanggal jatuh tempo apalagi sampai telat membayar. Otomatis kita akan terhindar dari aneka biaya-biaya siluman kartu kredit. Jadi siapa bilang kartu kredit adalah sumber bencana? Yang menjadi bencana adalah diri kita sendiri yang tidak mengerti produk kartu kredit serta tidak bisa menyiasatinya. Banyak kok orang yang punya uang menikmati kartu kredit dengan baik. Mereka melakukan debit rekening dan tidak pernah bermasalah dengan tagihan apalagi sampai bunga ini dan itu.

Tunggu dulu! Selain punya keunikan dan keunggulan, pembayaran kartu kredit lewat debit rekening juga ada kekurangannya. Apa kekurangannya? Tak lain dan tak bukan adalah jalur birokrasi yang harus kita tempuh jika tagihan kartu kredit kita ada masalah. Contohnya begini: 

Misalnya suatu hari akun kartu kredit kita dibajak mafia kartu kredit. Otomatis tagihan akan datang lalu dibayarkan langsung oleh sistem perbankan. Begitu kita menyadari tagihan kartu kredit kita bermasalah, otomatis kita komplain. Nah, uang yang sudah dibayarkan lewat debit rekening ini akan cukup berbelit-belit dikembalikan ke rekening tabungan kita. Prosesnya butuh waktu.

Sponsored links Pembayaran Tagihan Kartu Kredit Lewat Debit Rekening:
Share on Google Plus

Sekilas Pembayaran Kartu Kredit Debit Rekening

Mafiakartukredit.com memberikan informasi, edukasi dan hiburan seputar produk perbankan, dunia bisnis dan ekonomi, khususnya produk kartu kredit. Semoga benar-benar bermanfaat dan menghibur kita semua!