Minimum Payment Tagihan Kartu Kredit

Bank Indonesia saat ini menetapkan minimum payment 10%. Meski demikian jika ada kartu kredit yang berbeda minimum payment-nya, tetap pilihlah yang paling kecil.
Minimum payment adalah besarnya pembayaran minimum yang harus dibayarkan oleh seorang nasabah kartu kredit atas tagihan yang mereka gunakan. Contoh misalnya: jika syarat minimum payment adalah 10% sedangkan total tagihan Anda di bulan ini adalah Rp 1.000.000, maka yang harus Anda bayar adalah paling sedikit Rp 100.000. Bolehkan membayar lebih? Sudah pasti boleh dan sangat dianjurkan oleh kami bahkan kalau bisa bayarlah full (Rp 1 juta). Bagaimana jika membayar di bawah Rp 100.000? Anda akan dikenakan biaya keterlambatan pembayaran (late charge), dsb.

Sebelum Bank Indonesia mengeluarkan aturan baru tentang minimum payment kartu kredit sebesar 10%, waktu dulu setiap bank memiliki standar yang berbeda-beda. Minimum payment dijadikan entri poin persaingan bisnis kartu kredit. Menurut data yang kami miliki setidaknya kartu kredit yang pernah tercatat paling kecil minimum payment-nya adalah kartu kredit Citibank. Syarat minimum payment kartu kredit Citibank waktu dulu hanya 6%. Wow! Kecil sekali bukan? Namun sekarang semua sudah disamakan oleh BI yakni 10% agar menghindari kredit macet atau jor-joran persaingan bisnis kartu kredit yang tidak sehat.

Permainan Minimum Payment

Apakah jika sebuah kartu kredit minimum payment-nya kecil secara otomatis adalah paling bagus? Kami ingin Anda sedikit membuka wawasan dan jangan sampai terjebak. Minimum payment yang kecil terlihat memang sangat menggiurkan. Namun Anda harus tahu jika semakin kecil Anda membayar maka sisa saldo terhutang di bulan depan akan tertagih berikut dengan bunga-bunganya. Kalau kartu kredit tersebut Anda gunakan untuk berbelanja maka akan dikenakan biaya bunga belanja, sebaliknya jika Anda gunakan untuk menarik uang tunai dari mesin ATM akan dikenakan biaya bunga tarik tunai. Ayo sekarang pilih mana? Mau bayar sesuai minimum payment, membayar full atau di antaranya?  Jadi minimum payment adalah jebakan yang harus diperhatikan baik-baik karena bisa sangat mematikan. Mereka yang tidak peka akan hal ini akan masuk perangkap mulut singa berikut aneka biaya siluman lainnya. Inilah yang membuat banyak orang akhirnya harus terjerat hutang kartu kredit.

Lalu pertanyaannya adalah: kalau begitu apakah kita harus memilih kartu kredit yang mininum payment-nya paling tinggi? Tentu tidak! Kami tidak pernah mengatakan demikian. Minimum payment tetap harus kita pilih yang paling kecil tetapi jangan pernah membayar sebesar minimum payment terkecuali sangat kepepet! Harap diperhatikan kalimat yang kami garis bawahi tersebut. Saat ini Bank Indonesia sudah menetapkan standar minimum yakni 10% sehingga bank-bank tidak bisa lagi bermain mata. Meski demikian bisa saja ada bank yang menetapkan minimum payment lebih tinggi dari ketentuan BI. Kita tetap harus memilih kartu kredit yang minimum payment-nya paling kecil hanya untuk berjaga-jaga siapa tahu suatu hari kita mengalami kesulitan keuangan sehingga tidak bisa membayar tagihan kartu kredit dengan full. Dengan demikian kita tidak akan dikenakan denda, dsb. 

Pilih kartu kredit yang paling kecil minimum payment-nya dan bayarlah full!

Sponsored links Minimum Payment Credit Card:
 
Share on Google Plus

Sekilas Minimum Payment Tagihan Kartu Kredit

Mafiakartukredit.com memberikan informasi, edukasi dan hiburan seputar produk perbankan, dunia bisnis dan ekonomi, khususnya produk kartu kredit. Semoga benar-benar bermanfaat dan menghibur kita semua!