Fasilitas Cross Border Kartu Kredit

Jasa global assistance siap membantu.
Mungkin ini bisa juga dijadikan bahan pertimbangan untuk memilih layanan kartu kredit. Namanya adalah fasilitas cross border atau layanan lintas negara (worldwide/global assistance). Pada awalnya fasilitas ini memang dulunya melekat secara branding dengan nama bank penerbit kartu kredit itu sendiri. Sudah pasti adalah bank-bank standar internasional yang memiliki cabang di berbagai negara. Namun seiring dengan bertumbuhnya industri kartu kredit secara cepat dan ketatnya persaingan yang terjadi, membuat prinsipal kartu kredit turun tangan meng-cover semua layanan ini. Makanya kita mengenal istilah "global assistance". Yakni layanan-layanan untuk nasabah kartu kredit yang terafiliasi ke dalam jaringan VISA Internasional atau MasterCard Internasional.

Sebelum tahun 2000 hanya beberapa kartu kredit yang memiliki layanan cross border seperti ini. Layanan ini lebih melekat kepada bank penerbit kartu (card issuer) bukan prinsipal. Contoh layanan cross border adalah misalnya Anda berkunjung ke luar negeri untuk pertama kali. Di sana Anda belum mengenal jalan, alamat serta tidak memiliki kenalan. Nah, Anda bisa menghubungi bank penerbit kartu kredit untuk meminta bantuan. Bank akan mengalihkan staf mereka yang ada di negara tersebut melayani Anda. Semua jasa pelayanan ini adalah gratis namun biaya yang terjadi sudah pasti menjadi tanggungan Anda. Istilahnya Anda memiliki semacam teman (companion). 

Pilih kartu kredit yang menyediakan jasa layanan cross border atau global assistance seperti ini. Terlepas apakah prinsipal sudah melayani jasa seperti ini atau tidak.

Biar lebih jelas kami berikan contoh ilustrasi: Anda ingin ke New York. Katakanlah di sana seorang teman sudah siap menjemput. Anda pun berangkat dan tiba di bandara John F. Kennedy International Airport - New York City. Sayangnya, teman Anda tidak muncul-muncul karena satu dua alasan. Anda bingung dan tidak tahu harus bagaimana. Anda tinggal menghubungi misalnya Citibank jika kebetulan Anda adalah nasabah kartu kredit Citibank. Nah, Citibank Jakarta akan menghubungi Citibank New York atau kota terdekat dengan New York untuk membantu Anda.

Staf Citibank New York bisa saja tidak datang menemui Anda secara langsung tetapi minimal mereka akan mengutus perwakilannya (orang atau lembaga) yang ditunjuk untuk membantu Anda. Jasa-jasa bantuan seperti ini bisa sangatlah luas mulai dari urusan akomodasi, jasa bantuan hukum, dokumen, dsb. Pokoknya Anda akan dibantu misalnya menemani Anda mencari alamat teman Anda, mencarikan penginapan atau hotel, dsb. Semua jasa adalah gratis tetapi untuk biaya yang terjadi seperti penginapan, ongkos taksi di perjalanan, layanan kesehatan, dsb..sudah pasti Anda yang bayar. Sungguh luar biasa, bukan? Jadi siapa bilang kartu kredit tidak ada gunanya?

Coba bayangkan jika kita tidak menggunakan kartu kredit. Mau minta bantuan sama siapa? Paling juga kita datangi pos satpam atau polisi meminta bantuan. Namun itu juga cuma informasi saja tanpa ada pendampingan karena kesibukan dan tuntutan kerja para petugas tersebut. Mereka mungkin hanya membantu Anda memberikan nomor telepon atau petunjuk ke sana ke mari. Memang di luar negeri pelayanan polisi dan satpam jauh lebih profesional. Bisa Anda bayangkan jika negara yang Anda kunjungi kayak Indonesia atau Jakarta? Tambah kacau bukan?

Namun saat ini Anda tak perlu kuatir karena prinsipal kartu kredit seperti VISA dan Master Card sudah membentuk pelayanan cross border seperti ini yang dikenal dengan global assistance. Dengan demikian layanan ini tidak lagi berpatokan kepada nama bank tertentu melainkan jenis produk kartu kredit tersebut. Dari bank manapun selama kartu kredit Anda berlogo VISA, Master Card, Amex, JCB, Discover, dsb..maka perusahaan-perusahaan tersebutlah  yang akan melayani Anda. Tetapi paling bagus sih juga dilayani oleh bank secara khusus. Silakan ditanyakan kepada bank penerbit kartu kredit yang ada. Kalau jawaban mereka aiueo maka buang saja ke laut kartu kredit tersebut.

Sponsored links Cross Border Credit Card:
  
Share on Google Plus

Sekilas Fasilitas Cross Border Kartu Kredit

Mafiakartukredit.com memberikan informasi, edukasi dan hiburan seputar produk perbankan, dunia bisnis dan ekonomi, khususnya produk kartu kredit. Semoga benar-benar bermanfaat dan menghibur kita semua!