Fasilitas Chip Kartu Kredit

Bentuk chip yang kita kenal.
Fasilitas chip sebenarnya adalah pertimbangan memilih kartu kredit di masa lalu ketika belum semua kartu kredit memberlakukan fasilitas chip seperti ini. Jadi waktu dulu ada kartu kredit yang hanya menggunakan pita magnetik (magnetic stripe), namun ada juga yang sudah menambahkan chip seperti kartu kredit yang kita gunakan saat ini. Namun sejak tahun 2006 hampir di semua negara sudah mulai memberlakukan kartu kredit chip ini.

Chip yang dipergunakan kurang lebih sama seperti chip di kartu perdana telepon selular. Anda bisa melihat contoh fotonya di samping ini. Hanya saja data-data yang diinput dan disimpan mungkin agak berbeda. Demi keamanan dan kenyamanan penggunaan kartu kredit, kita selalu dianjurkan untuk memilih kartu kredit yang berteknologi baru. Dan teknologi terbaru ini untuk saat ini adalah chip yang kadang dikenal dengan sebutan E.M.V Chip (Europay MasterCard Visa).

Saat ini semua bank penerbit kartu kredit di Indonesia sudah menerbitkan kartu kredit chip. Aturan ini ditetapkan oleh Bank Indonesia (BI) sebagai regulator mengaca pada kasus kejahatan mafia kartu kredit beberapa waktu silam. Ternyata kartu kredit berpita magnetik sudah gampang disusupi dan dibajak oleh kawanan maling. Makanya diciptakan teknologi chip yang untuk saat ini memang masih sulit untuk dibajak. Sampai kapan teknologi chip ini bisa bertahan tentu saja waktu yang akan membuktikannya sebab semua kecanggihan teknologi juga buatan manusia.

Cara penggunaan kartu kredit model lama (magnetic stripe) dengan chip pada dasarnya sama dan sederhana. Sebagai konsumen, kita tidak perlu terlalu dipusingkan oleh masalah teknis seperti ini. Itu tugas toko atau bank penerbit kartu. Tugas kita hanyalah berbelanja secara bijak, membayar tagihan kartu kredit dengan tepat waktu dan terus memanfaatkan kartu kredit dengan maksimal. Untuk kartu chip maka kartu kredit tersebut selain digesek juga dicolokkan dalam slot mesin EDC yang bermodel baru. Ada kombinasi proses penggesekkan kartu. 
Contoh kartu kredit chip dan letak chip itu sendiri.
Jadi kesimpulannya: untuk keamanan dan kenyamanan sebaiknya memang menggunakan kartu kredit chip. Pastikan kartu kredit yang Anda sukai sudah menggunakan chip. Kalau masih ada yang berpita magnetik, wah ketahuan betapa telat dan kunonya teknologi bank tersebut. Memang untuk beralih ke generasi baru ini membutuhkan modal besar, tetapi bank masa tidak punya modal? Kalau tidak punya modal jangan buka bank dong? Tar kayak Bank BHS dan Bank Century lagi kaburin uang nasabah. Malu-maluin negara tetangga saja. Setuju?

Sponsored links Fasilitas Chip Credit Card:
 
Share on Google Plus

Sekilas Fasilitas Chip Kartu Kredit

Mafiakartukredit.com memberikan informasi, edukasi dan hiburan seputar produk perbankan, dunia bisnis dan ekonomi, khususnya produk kartu kredit. Semoga benar-benar bermanfaat dan menghibur kita semua!