Tanggal Penagihan Kartu Kredit

Tanggal penagihan kartu kredit setiap nasabah bisa saja sama atau bisa juga berbeda-beda.
Tanggal penagihan kartu kredit adalah tanggal di mana semua transaksi kita selama kurun waktu tertentu - biasanya satu bulan - ditutup (closing), dikalkulasi kemudian dicetak lalu ditagihkan kepada kita sebagai nasabah. Jadi secara kasar "tanggal penagihan" adalah tanggal di mana kita mulai ditagih. Tidak perlu terlalu pusing soal tanggal penagihan ini. Yang paling penting siapkan uangnya untuk membayar tagihan tersebut. Gampang kok dimengerti.

Tanggal Penagihan Kartu Kredit Bisa Berbeda

Setiap nasabah bisa saja sama atau berbeda tanggal penagihannya. Yang menentukan tanggal penagihan adalah bank. Biasanya penetapan tanggal penagihan kartu kredit ada hubungannya dengan kapan kartu kredit kita disetujui pertama kali. Karena pada saat kartu kredit kita disetujui, secara otomatis bank sudah menetapkan tanggal penagihannya.

Beberapa waktu lalu ada bank yang mencoba bermain dengan akal-akalan seperti ini yakni memberi kebebasan kepada nasabah menentukan sendiri tanggal penagihan. Kita disuruh memilih apakah awal gajian (tanggal 1 - 10), pertengahan bulan (tanggal 15 - 20) atau akhir bulan (tanggal 20 - 30). Semua itu pada dasarnya sama. Hanya akal-akalan bankir seolah-olah kartu kredit tersebut lebih hebat sebab nasabah bisa menentukan sendiri tanggal penagihan. Tanggal berapa pun kita memilih tidak ada pengaruhnya buat kita. Mungkin bagi segelintir orang memilih awal bulan bisa jadi pilihan yang bagus karena baru saja gajian sehingga bisa melunasi tagihan kartu kredit. Namun bagi sebagian lagi justru malapetaka karena gaji habis buat bayar kartu kredit.

Dalam 1 - 2 bulan awal penggunaan kartu kredit mungkin tanggal penagihan kartu kredit belum fix (tetap). Namun jika sudah pemakaian di atas 3 bulan biasanya akan selalu sama tanggal penagihannya. Jadi kalau kartu kredit Anda ditagih setiap tanggal 3 maka selamanya akan tanggal 3 di bulan kalender berjalan. Jadi tidak perlu lagi pura-pura tidak tahu kapan tagihan kartu kredit akan ditagihkan. Itu sama saja seperti anak kecil yang pura-pura tidak tahu apa itu permen dan bagaimana rasa permen.

Yang paling penting adalah: siapkan uang untuk melunasi dana kartu kredit yang sudah kita pergunakan! Jangan sampai telat membayar atau menyisakan saldo. Jika kita bayar full maka tidak akan ada biaya bunga, denda, dsb. 

Sponsored links Tanggal Penagihan Kartu Kredit:
  
Share on Google Plus

Sekilas Tanggal Penagihan Kartu Kredit

Mafiakartukredit.com memberikan informasi, edukasi dan hiburan seputar produk perbankan, dunia bisnis dan ekonomi, khususnya produk kartu kredit. Semoga benar-benar bermanfaat dan menghibur kita semua!