Pengiriman Nomor PIN Kartu Kredit

Pengiriman nomor PIN kartu kredit kurang lebih 1 bulan sejak kartu kredit diterima.
Kartu kredit yang pertama kali kita terima masih membutuhkan sebuah nomor PIN (Personal Identification Number). Mirip nomor PIN kartu ATM atau kartu debet. Lalu apa gunanya nomor PIN ini? Sudah jelas untuk mengambil uang tunai di mesin ATM atau keperluan lainnya. Kapan dikirimkan? Berikut kami jelaskan secara sederhana.

Nomor PIN Kartu Kredit

Sebelum tahun 2000, pengiriman nomor PIN kartu kredit hampir bisa dikatakan berbarengan dengan pengantaran kartu kredit. Paling jaraknya 2 - 7 hari. Saat itu jaringan mafia kartu kredit dengan mudah menyantap dana kartu kredit tersebut. Begitu sudah diterima, mereka langsung tarik tunai ke mesin ATM karena sudah mendapatkan nomor PIN-nya. Mengapa tidak digesek tunai saja di toko elektronik? Jangan bayangkan saat itu sudah menjamur toko-toko gesek tunai (gestun). Gesek tunai mulai marak setelah tahun 2000 dan puncak panen besarnya sekitar tahun 2002-2006. Setelah itu mulai redup dan menjelma seperti kisah Tom & Jerry. Jadi semua ada masanya dan tidak terjadi begitu saja dalam sekejap. Tuhan yang mahakuasa saja perlu 6 hari untuk menciptakan alam semesta!

Karena faktor risiko seperti yang diterangkan di atas maka bank mengubah kebijakan. Nomor PIN dikirimkan menyusul kurang lebih 1 bulan (3 - 4 minggu) sejak kartu kredit kita terima. Konon tujuannya baik untuk melindungi data nasabah kartu kredit. Secara teoritis benar tetapi hanya 20%, sisanya 80% itu sebenarnya untuk melindungi bank itu sendiri karena terus 'dikerjain' mafia kartu kredit dan menambah pundi-pundi keuntungan mereka. Bank lebih mendorong Anda menggunakan kartu kredit untuk berbelanja daripada tarik tunai. Jadi sekarang Anda harus paham bahwa nomor PIN akan dikirimkan menyusul. Tak perlu risau.

Tanpa nomor PIN, kartu kredit tersebut sudah bisa dipergunakan untuk berbelanja. Hanya saja untuk tarik tunai di mesin ATM tidak memungkinkan. Setelah nomor PIN diterima, biasanya bank akan meminta kita untuk sesegera mungkin mengubah nomor PIN tersebut. Jadi wajib diubah sesuai nomor PIN yang kita hafal atau ingat. Tiap bank memiliki standar nomor PIN yang berbeda. Ada yang cuma 4 digit, 5 digit dan ada yang 6 digit. Mungkin saat ini sudah diseragamkan menjadi 6 digit dengan kebijakan Bank Indonesia (BI) demi keamanan dana nasabah itu sendiri.

Bagaimana jika lagi perlu uang tunai? Santai saja. Cari saja tempat atau toko yang menerima gesek tunai (gestun). Gampang kan? Bagi yang masih bingung apa itu gesek tunai dan apa itu tarik tunai, silakan baca artikel satu ini. Bagi yang ingin memperdalam bisnis gesek tunai, harap bersabar karena akan dikupas di waktu yang akan datang.

Sponsored links Pengiriman Nomor PIN Kartu Kredit:
  
Share on Google Plus

Sekilas Pengiriman Nomor PIN Kartu Kredit

Mafiakartukredit.com memberikan informasi, edukasi dan hiburan seputar produk perbankan, dunia bisnis dan ekonomi, khususnya produk kartu kredit. Semoga benar-benar bermanfaat dan menghibur kita semua!