Akses Jaringan ATM Global

Perhatikan logo-logo ini di mesin ATM untuk menarik tunai dengan kartu kredit.
Pertimbangan kedua untuk memilih kartu kredit dengan baik adalah melihat jaringan akses ATM global dari kartu kredit tersebut. Berbicara mengenai jaringan akses ATM global sudah pasti bukan lagi sekadar berbicara mengenai nama bank tetapi lebih kepada jenis kartu kredit itu sendiri apakah VISA, MasterCard, JCB, Amex, Discover, dsb. Namun untuk akses jaringan ATM lokal tentu saja nama bank dipertimbangkan sebab menarik uang tunai di ATM bank penerbit kartu kredit itu sendiri akan dibebaskan biaya administrasi penarikan tunai. Contoh misalnya Anda memiliki kartu kredit Citibank lalu menarik uang tunai dari mesin ATM Citibank. Citibank akan membebaskan Anda dari biaya administrasi seperti ini. Ada kemungkinan benefit seperti ini diberlakukan untuk penarikan tunai di luar negeri terhadap mesin-mesin ATM bank penerbit kartu kredit itu sendiri. Untuk lebih jelasnya silakan ditanyakan kepada bank yang bersangkutan karena perubahan-perubahan pasti akan terus terjadi.

Rata-rata bank menerbitkan minimal dua jenis kartu kredit yakni VISA atau MasterCard. Anda bisa memilih mana yang terbaik menurut Anda. Pada saat mengisi aplikasi permohonan kartu kredit, sudah diwajibkan untuk memilih apakah VISA atau MasterCard. Adakah perbedaan signifikan antara kartu kredit VISA dan MasterCard? Pada dasarnya tidak ada perbedaan yang menyolok. Penggunaannya pun relatif sama. Hanya saja menurut penelitian kami dan penuturan banyak orang yang kami wawancarai, rata-rata untuk bank yang sama maka untuk kartu kredit VISA lebih berani diberikan limit yang besar dibandingkan jenis MasterCard. Entah apa alasannya hanya orang bank yang tahu meski memang banyak faktor pertimbangannya yang akan kita kupas nanti. Meski demikian percobaan dengan data yang sama menunjukkan kartu kredit jenis VISA lebih tinggi limitnya dari MasterCard. Saran kami untuk Anda yang baru pertama kali apply kartu kredit, ada baiknya Anda memilih kartu kredit jenis VISA. Biarkan nanti kartu jenis MasterCard ditawarkan oleh bank kepada Anda dengan program cross selling.

Amex sangat powerful di Amerika Serikat (US), VISA menguasai wilayah Asia Pasifik. MasterCard merajai daratan benua Eropa. JCB nomor satu di Jepang. Pastikan kartu kredit Anda sesuai dengan mobilitas Anda!

Selain itu menggunakan kartu kredit jenis VISA, MasterCard, Amex, Diners, atau lainnya di luar negeri akan menimbulkan daya penerimaan yang berbeda (card accepted/prefer card). Menurut info yang kami dapatkan: kartu kredit Amex merupakan kartu kredit yang powerful di Amerika Serikat (US), sedangkan VISA menjadi raja di kawasan Asia Pasifik. MasterCard menjadi penguasa di daratan benua Eropa, JCB menjadi raja kecil di negeri Jepang. Tentu saja posisi-posisi seperti ini akan berubah sesuai dengan persaingan industri kartu kredit itu sendiri. Mengenai nama negara atau nama-nama kotanya silakan merujuk peta kawasan tersebut. Gunakan informasi ini sebagai bahan pertimbangan setiap kali Anda apply kartu kredit. Sesuaikan dengan kebiasaan Anda yang sering melancong ke luar negeri atau tidak, serta negara mana tujuan wisata Anda. Untuk yang jarang ke luar negeri tentu tidak perlu pusing dengan akses jaringan ATM global seperti ini. Biar tidak repot kami sarankan memiliki dua jenis kartu kredit yakni VISA dan MasterCard.

Memiliki dua jenis kartu kredit bukan saja akan membuat Anda mudah berbelanja tetapi juga memudahkan Anda untuk mengakses jaringan ATM global. Siapa tahu di luar negeri Anda membutuhkan uang tunai secara mendadak. Jadi Anda bisa datang ke mesin ATM terdekat yang mencantumkan logo akses dan menarik pecahan uang tunai dengan mata uang lokal. Kartu kredit VISA hanya bisa digunakan untuk menarik uang tunai di mesin ATM yang mencantumkan logo VISA atau Plus, sedangkan kartu kredit MasterCard hanya bisa menarik tunai di mesin ATM yang mencantumkan logo Maestro dan Cirrus. Begitu juga kartu kredit Amex hanya bisa dipergunakan jika ada logo Amex, dst. Jangan sampai terbalik. Nama bank serta logo bank penerbit sudah tidak terlalu berpengaruh lagi jika ke luar negeri. Dalam perkembangannya nanti mungkin akan ada kerjasama sehingga semua kartu bisa dipakai di mana saja.

Sponsored links Akses Jaringan ATM Global:
 
Share on Google Plus

Sekilas Akses Jaringan ATM Global

Mafiakartukredit.com memberikan informasi, edukasi dan hiburan seputar produk perbankan, dunia bisnis dan ekonomi, khususnya produk kartu kredit. Semoga benar-benar bermanfaat dan menghibur kita semua!