Pengecualian Pertanggungan Asuransi

pengecualian pertanggungan asuransi kartu kredit
Pengecualian asuransi perjalanan.
Asuransi perjalanan yang dicover oleh penggunaan kartu kredit dalam membeli tiket pesawat terbang memiliki beberapa pengecualian yang mungkin perlu juga untuk diketahui oleh pemilik kartu kredit. Kami akan menerangkan beberapa saja di sini. Untuk lebih jelasnya, Anda sebagai pemilik kartu wajib menanyakan langsung kepada bank penerbit. Tiap bank memiliki kebijakan yang berbeda terhadap asuransi perjalanan seperti ini. Pilihlah yang benar-benar memberikan pelayanan dan benefit yang menurut Anda terbaik. Bagi seseorang mungkin kartu kredit bank A lebih bagus, sementara bagi si B mungkin kartu kredit bank C lebih bagus. Hal ini relatif sebab tergantung kebutuhan tiap-tiap orang.

Beberapa pengecualian pertanggungan asuransi perjalanan adalah:
  • Kejadian yang disebabkan oleh usaha bunuh diri atau segala jenis tindakan yang dilakukan oleh pemegang kartu atau keluarganya yang termasuk di dalam pertanggungan asuransi ini, baik yang berhubungan dengan kelainan mental atau tidak. Jadi seandainya Anda berniat bunuh diri dengan harapan anak isteri bisa mendapatkan warisan asuransi seperti ini karena hutang kalah judi bola, lalu Anda membeli tiket pesawat menggunakan kartu kredit, maka musibah yang Anda alami tidak akan dicover. Alasannya adalah adanya niat usaha bunuh diri tersebut. Misalnya Anda sengaja membuka pintu darurat pesawat ketika pesawat sedang mengudara lalu meloncat ke luar. Atau dari surat wasiat Anda tertulis adanya niat Anda mengakhiri hidup, dsb. Mau mati kok korbanin seluruh penumpang. Jangan ya!
  • Kejadian yang disebabkan oleh perang, pendudukan suatu negara, perang antar penduduk, revolusi, huru hara, perebutan kekuasaan militer (kudeta), atau hal-hal jenis lainnya yang intinya sama. Nah, asuransi perjalanan ini juga tidak bisa berlaku. Misalnya seperti kasus kerusuhan etnis Mei 1998 di Jakarta. Meski Anda sudah membeli tiket pesawat dengan kartu kredit, lalu di tengah perjalanan Anda dihadang massa, polisi, tentara atau paramiliter lalu menginterogasi kubu politik Anda, lalu berhubung beda partai politik akhirnya disiksa dan mengalami kecelakaan, maka Anda tidak akan dicover karena dianggap kasus force majeure. Atau pesawat yang kita naik dibajak oleh aksi kudeta, huru hara, dsb., termasuk kasus terorisme tidak akan tercover dengan asuransi seperti ini. Namun untuk lebih jelasnya silakan tanyakan langsung kepada bank penerbit kartu kredit Anda.
  • Kecelakaan yang disebabkan oleh segala bentuk usaha yang dilakukan secara ilegal oleh pemegang kartu atau keluarganya yang juga termasuk dalam pertanggungan asuransi ini baik atas nama tertanggung atau penerima manfaat asuransi ini. Misalnya Anda sudah mulai gila lalu berminat membawa bom atau granat ke pesawat menakuti-nakuti semua penumpang, atau mengambil pisau lalu menyandera pilot, pramugari sehingga pesawat mengalami kecelakaan. Mungkin Anda pikir tidak akan ada yang tahu kejadian seperti ini, namun semua data informasi bisa terekam dan direkam oleh awak pesawat dalam black box (kotak hitam). Begitu kotak hitam ditemukan lalu diketahui adanya ulah gila Anda maka asuransi ini tidak berlaku.
  • Cidera yang diderita pada waktu menjalankan tugas rutin sebagai operator atau kru dari setiap angkutan transportasi yang ada. Jika Anda berprofesi sebagai pilot, kopilot, pramugari atau pramugara maka membeli tiket perjalanan dengan kartu kredit, Anda tidak akan ditanggung karena dianggap profesi Anda sudah memiliki risiko seperti itu. Terkecuali Anda sedang tidak berdinas tetapi sedang melakukan perjalanan liburan maka pertanggungan ini tetap berlaku karena Anda adalah penumpang seperti biasa. Dengan catatan Anda memang membeli tiket pesawat dengan kartu kredit.
  • Musibah yang berkaitan dengan penyalahgunaan konsumsi obat-obatan tertentu terkecuali obat tersebut memang dikonsumsi sesuai dengan resep medis yang benar dan bukan oleh kecanduan. Misalnya Anda mengkonsumsi obat batuk Vick Formula 44 berlebihan yang jelas bikin ngantuk. Anda ngebut di jalan raya pada saat menuju bandara lalu kecelakaan. Nah, meski tiket perjalanan Anda dibeli dengan kartu kredit, tetap saja Anda tidak akan dicover asuransi ini karena dianggap penyalahgunaan obat-obat tertentu. Kasus kematian pejuang HAM dari Indonesia Munir pun tidak akan dicover asuransi karena dianggap sebagai bentuk upaya pembunuhan meski almarhum membeli tiket perjalanan Garuda dengan kartu kredit gold atau bahkan platinum.
  • Hamil, melahirkan anak atau melahirkan prematur pada saat perjalanan udara yang ada.
  • Musibah sakit penyakit atau segala kejadian yang disebabkan atau dikategorikan sebagai dampak dari sakit penyakit, infeksi bakteri atau virus, meskipun disebabkan oleh keracunan makanan.
  • Musibah yang disebabkan oleh bahan peledak, senjata biologi, nuklir, bahan kimia dan usaha-usaha yang berkaitan dengan penggunaan bahan-bahan tersebut termasuk usaha terorisme.
  • Anda sebagai pemilik kartu dinyatakan mengalami "kelalaian keuangan" entah karena proses hukum kepailitan, menunggak tagihan kartu kredit, dsb.

Kurang lebih seperti itulah beberapa penjelasan pengecualian pertanggungan asuransi seperti ini. Karena perjanjian atau pengecualian dalam polis asuransi adalah permainan kata-kata layaknya si gombal merayu pujaan hatinya, maka untuk lebih jelasnya perlu Anda pelajari baik-baik dan bila perlu tanyakan kepada pihak bank. Jangan sampai terjebak sebab bagaimanapun juga perusahaan asuransi adalah perusahaan yang mencari keuntungan dan dimiliki oleh manusia yang juga butuh duit untuk menghidupi anak-anak dan istri mereka. Jangan sampai mereka berkelit dan menjebak kita seperti banyak kasus yang sudah sering kita dengar atau dikomplain di surat pembaca. Barangkali mungkin ada manfaatnya sebagai konsumen sekali-kali Anda mengunjungi atau membaca ulasan review dari internet seperti dari konsumen review dan ikut berkomentar di sana. Dengan adanya media-media tersebut bisa dipastikan kita mendapatkan second opinion atas pengalaman konsumen lainnya sehingga tidak salah beli lagi.

Sponsored links:
Share on Google Plus

Sekilas Pengecualian Pertanggungan Asuransi

Mafiakartukredit.com memberikan informasi, edukasi dan hiburan seputar produk perbankan, dunia bisnis dan ekonomi, khususnya produk kartu kredit. Semoga benar-benar bermanfaat dan menghibur kita semua!