Kartu Kredit Diterima Di Seluruh Dunia

Kartu kredit diterima di seluruh dunia.
Kartu kredit diterima di seluruh dunia (global acceptance). Inilah salah satu kehebatan kartu kredit dibandingkan transaksi pembayaran lain apalagi uang kontan. Kalau dulu, setiap kali bepergian ke luar negeri kita harus membawa uang kontan dan menukarnya terlebih dulu dengan mata uang lokal tempat kita berkunjung, atau minimal kita membawa dan menukar mata uang US dolar terlebih dulu dan begitu sampai ke negara tujuan baru ditukarkan dengan mata uang lokal. Sungguh repot dan berisiko tinggi seperti tindak kriminal, kehilangan, ribet, berat, dsb. Tidak demikian dengan kartu kredit. Kartu kredit bisa dipergunakan di seluruh dunia tanpa harus dipusingkan soal mata uang lokal.

Kartu kredit secara langsung bisa mengkonversikan nilai pembelanjaan kita dengan mata uang negara lokal dan bisa ditagihkan kepada kita dengan mata uang asal pada saat kita kembali ke tanah air. Sistem komputer yang akan bekerja secara otomatis.

Diterima di Seluruh Dunia

Kartu kredit bisa diterima seluruh belahan dunia. Ada lebih dari 22.000.000 tempat berbelanja, hotel, mal, toko, plaza-plaza, resort, butik, rumah sakit, supermarket, minimarket, pom bensin, tempat hiburan, restoran, dsb.. yang menerima transaksi kartu kredit. Semakin hari semakin bertambah tempat penerimaan kartu kredit. Semakin maju negara atau kota yang Anda kunjungi, semakin banyak tempat yang bisa menerima pembayaran dengan kartu kredit. Jadi tak perlu lagi kuatir soal menukar mata uang lokal, hilir mudik ke money changer, dst. Bahkan jika membawa uang kontan berlebihan bisa diinterogasi oleh pihak bea cukai atau otoritas moneter di negara kita sendiri. Ribet!

Sampai di sini mungkin ada yang berkata bahwa dengan mengkonversikan langsung nilai belanja ke mata uang negara asal justru akan membuat tagihan lebih mahal karena ada selisih kurs. Jika ini yang kita rasakan, kita bisa membuang kartu kredit tersebut dan memilih kartu kredit lainnya. Pilih kartu kredit yang kalau digunakan berbelanja di luar negeri kursnya tidak terlalu tinggi. Bukankah ada banyak pilihan kartu kredit di pasar? Masa cuma itu-itu saja yang kita pakai?

Namun kalau kita mau berpikir cerdik, apakah hanya selisih beberapa ratus ribu rupiah karena faktor kurs, lalu kita ngotot membawa uang tunai berkoper-koper kalau bepergian ke luar negeri? Tentu tindakan yang bodoh dan sangat konyol bukan? Yang patut dan wajar untuk dihemat malah tidak mau dihemat, yang tidak perlu dihemat malah dihemat. Ujung-ujungnya hemat tidak seberapa malah rugi lebih besar karena uang hilang, tas tercuri, koper tertinggal, koper hilang di bandara, dirampok orang, dsb.

Dan perlu diingat bahwa selisih kurs ini bisa negatif bisa juga positif. Jika pas mata uang negara kita lagi lemah tentu saja tagihan datang bisa lebih tinggi, namun sebaliknya jika lagi kuat tagihan bisa lebih rendah atau sama. Harap ditanyakan lagi kepada bank penerbit bagaimana mereka mencetak dan mengkonversi tagihan apakah pada saat transaksi atau nanti setelah posting tagihan. Ini dua hal yang berbeda. Mengenai apakah akan untung atau buntung kedua pilihan ini tetap tergantung kondisi perekenomian (nilai tukar) yang ada pada saat kita berbelanja. Apakah kalau berbelanja harus mengikuti perkembangan kurs dulu? Ribet sekali bukan? Kecuali setiap ke luar negeri sekali belanja ratusan juta.

Sponsored links:
Share on Google Plus

Sekilas Kartu Kredit Diterima Di Seluruh Dunia

Mafiakartukredit.com memberikan informasi, edukasi dan hiburan seputar produk perbankan, dunia bisnis dan ekonomi, khususnya produk kartu kredit. Semoga benar-benar bermanfaat dan menghibur kita semua!