Biaya Permintaan Copy Tagihan Bulanan

anjing di rumah bisa merobek tagihan kartu kredit
Anjing rumah kadang bisa merusak tagihan kartu kredit.
Biaya-biaya kartu kredit berikutnya yang bisa dibayarkan pengguna kartu kredit di Indonesia adalah biaya permintaan copy tagihan bulanan kartu kredit. Apa maksudnya? Berapa biaya yang dikenakan? Berikut ini kami jelaskan secara sederhana.


Katakanlah kita sering tidak berada di rumah sementara di rumah kita memelihara hewan peliharaan seekor anjing yang lucu. Tiap hari anjing keil ini hilir mudik bebas berkeliaran dari halaman depan rumah, balkon hingga taman dan pekarangan rumah. Lalu datang tukang pos atau kurir yang biasa mengirimkan tagihan bulanan. Karena pintu pagar terus diketuk dan tidak ada orang yang keluar atau ada pembantu tetapi sedang ke warung, otomatis tagihan kartu kredit akan dilempar petugas kurir di depan garasi atau depan rumah. Nah, kebetulan anjing kecil ini melihatnya dan dianggap mainan. Akhirnya amplop tersebut digigit dan disobek-sobek menjadi hancur.

Jika kejadiannya seperti ini, salah siapakah? Apakah salah bank, petugas kurir, pemegang kartu kredit atau mungkin si anjing kecil? Tentu tidak ada seorang pun yang bisa disalahkan apalagi si anjing mungil tersebut. Karena memang anjing tidak tahu apa-apa.

Karena Anda bingung atas total saldo tagihan kartu kredit, nilai belanja, jumlah poin, minimum payment, dsb.. dan Anda membutuhkannya dalam bentuk laporan tercetak maka mau tidak mau Anda haus meminta lagi kepada bank. Bank akan mengirimkan copy tagihan baru kurang lebih 1 minggu kemudian atau minimal 3 hari kerja. Atas salinan tagihan inilah Anda akan dikenakan biaya. Inilah maksudnya permintaan copy tagihan bulanan kartu kredit. Jadi tidak semua orang mengalaminya. Hanya mereka yang meminta salinan cetakan tagihan.

Besarnya biaya ini tiap bank berbeda-beda. Untuk tahun 2011 ini rata-rata dikenakan biaya antara Rp 10.000 - Rp 25.000 per tagihan dan akan ditagihkan langsung di lembaran tagihan kartu kredit bulan depan. Mungkin biaya ini semacam penggantian ongkos cetak atau biaya kurir.

E-Statement Kartu Kredit

Zaman terus berubah. Saat ini semua orang sudah memiliki alamat email. Salah satu solusi agar tidak dikenakan biaya seperti ini adalah dengan berlangganan e-statement atau e-billing. Artinya kita meminta kepada bank untuk mengirimkan tagihan bulanan kartu kredit ke alamat email kita. Kalau sudah masuk ke email tentu saja tidak akan ada lagi cerita tagihan kartu kredit digigit anjing, diambil pemulung, kena hujan, dibuang pembantu, dsb. Tinggal akses dan login ke alamat email kita, masukkan nomor nomor kartu kredit, tanggal lahir maka tagihan elektronik pun bisa kita baca langsung. Mau dicetak tinggal di-print out kapan saja.

Tagihan elektronik ini malah ada keuntungannya di mana semua tersimpan dengan rapi. Kapan saja kita butuh tinggal kita buka dan cetak dari printer. Semua layanan email gratis seperti Yahoo mail, Gmail, Hotmail, dsb.. memungkinkan kita untuk menerima tagihan elektronik kartu kredit. Kalau Anda cukup pintar maka bisa dibuatkan folder khusus seperti folder tagihan kartu kredit A, kartu kredit B, kartu kredit C, dst. Pokoknya gampang deh. Bagi yang belum punya email silakan dibikin.

Secara pribadi, bank tentu lebih senang mengirimkan tagihan bulanan elektronik. Dengan demikian akan menghemat banyak biaya pengeluaran mereka seperti ongkos perangko, jasa kurir, ongkos cetak, kertas, dsb. Lama-lama jasa kurir pun akan dipangkas oleh bank karena menjadi salah satu sumber pengeluaran atau operasional. Dengan menghemat pengeluaran otomatis keuntungan bank semakin besar. Selain itu, karena tagihan dikirimkan lewat email tentu tidak ada alasan bagi pemilik kartu untuk berkata tidak menerima atau belum menerima tagihan kartu kredit. Apalagi jika pemilik kartu kredit menggunakan perangkat Blackberry (BB) dan smartphone android yang otomatis ada fasilitas push mail. Setiap email yang masuk akan dimunculkan di perangkat BB. Bukan cuma bank yang diuntungkan melainkan kita juga. Pemerintah pun lebih senang karena tidak perlu terus menebang hutan hanya untuk mencetak dan memproduksi kertas. Inilah yang disebut dengan era go-green. Segala sesuatu menggunakan digitalisasi.

Sayangnya untuk pengiriman tagihan bulanan kartu kredit ke alamat email tentu tidak semua bank penerbit kartu memiliki fasilitasnya. Tetapi untuk kartu kredit seperti Citibank, HSBC jelas memungkinkan Anda untuk menerima e-billing  atau e-statement seperti ini. Jadi pintar-pintarlah memilih penerbit kartu kredit yang profesional.

Kesimpulannya: biaya permintaan copy tagihan bulanan kartu kredit tidak dialami semua pemilik atau pemegang kartu apalagi jika Anda menggunakan fasilitas email untuk menerima tagihan kartu kredit. Gunakan fasilitas tagihan elektronik (e-statement) kartu kredit. Jika belum membaca tagihan kartu kredit dan ingin membayar, saran kami hubungi bank saja lewat telepon daripada meminta lembar tagihan ulang yang membutuhkan waktu. Bisa-bisa malah nanti telat bayar dan dikenakan biaya lainnya.

Sponsored links:
Share on Google Plus

Sekilas Biaya Permintaan Copy Tagihan Bulanan

Mafiakartukredit.com memberikan informasi, edukasi dan hiburan seputar produk perbankan, dunia bisnis dan ekonomi, khususnya produk kartu kredit. Semoga benar-benar bermanfaat dan menghibur kita semua!