Bentuk Tipografi Nomor Kartu Kredit

Tipografi nomor kartu kredit sangatlah unik.
Dalam artikel sebelumnya tentang bentuk fisik kartu kredit, kita mengenal yang namanya "nomor-nomor kartu kredit". Biasanya terdiri dari 16 digit angka dengan jarak kerapatan dan kerenggangan sedemikian rupa. Kalau kita perhatikan lebih jelas secara seksama, bentuk nomor-nomor ini sedikit unik serta memiliki kode yang sepertinya menyimpan rahasia atau petunjuk. Seperti apakah petunjuk tersebut? Apa maksud kode-kode tersembunyi seperti ini? Berikut di bawah ini akan kami jabarkan secara sederhana.

Bentuk Tipografi Nomor Kartu Kredit

Nomor kartu kredit tidak dicantumkan atau tertulis dengan sendirinya apalagi secara sembarangan. Semuanya memiliki makna khusus atau dihasilkan secara matematis dengan cara yang unik. Cara unik tersebut biasanya dikenal dengan istilah "algoritma kartu kredit". Sudah kita bahas.

Dari sisi tipografi, penggunaan font (bentuk) nomor kartu kredit sudah menyimpan misteri yang unik. Anda boleh mencoba kata kami: silakan ketikkan nomor sebuah kartu kredit secara acak lalu dicari bentuk fontnya menggunakan font bawaan Windows seperti MS Office. Mulai dari Times, Calibri, Trebuchet, Tempus Sans, Arial, Tahoma, Franklin Gothic, dsb. Apakah Anda bisa menemukan bentuk font yang sama persis seperti nomor kartu kredit yang tercetak di kartu? Boleh dibilang hampir mustahil. Mengapa demikian? Sudah pasti agar tidak mudah ditiru.

Satu-satunya program komputer yang mungkin bisa menuntun kita mendekati bentuk font nomor kartu kredit adalah produk editing keluaran Apple Computer yakni Macintosh. Karena ini merupakan program grafis terbaik yang pernah ada yang memiliki banyak sources. Meski demikian bisa saja font kartu kredit tetap akan berubah sepanjang masa untuk menjamin keamanannya. Kalau mudah ditiru tentu saja kurang bagus.

Keunikan Serial Nomor Kartu Kredit

Selain tipografinya yang unik, kartu kredit juga memiliki serial number yang memiliki arti penting. Harus kita ketahui bahwa produk kartu kredit tidak hanya dikeluarkan oleh lembaga perbankan melainkan juga lembaga keuangan nonbank. Dengan demikian nomor-nomor kartu kredit memiliki arti yang berbeda-beda sesuai dengan institusi yang menerbitkannya.

Untuk pasar Indonesia, regulasi kartu kredit diberikan kepada lembaga perbankan atau lembaga keuangan nonbank. Jadi boleh dibilang nomor awal kartu kredit relatif sama. Kalau bukan diawali angka 4 pasti angka 5. Namun jika kebijakan ini berubah di masa yang akan datang maka nomor kartu kredit pun akan semakin kompleks dan berbeda. Sedangkan untuk beberapa negara di kawasan Eropa dan Amerika Serikat (USA), nomor kartu kredit relatif lebih beragam atau bisa berbeda-beda.

Secara umum nomor awal kartu kredit menentukan jenis industri di mana kartu kredit tersebut diterbitkan untuk nasabah mereka. Berikut ini adalah perbandingan mengenai industri kartu kredit dilihat dari nomor awalnya. Untuk lebih jelasnya Anda bisa merujuk pada Wikipedia tentang bank card number.

Nomor Awal Kartu Kelompok Penerbit Kartu
0ISO/TC 68 dan industri terkait
1Perusahaan penerbangan
2Perusahaan penerbangan dan industri terkait
3Perusahaan travel dan hiburan
4Bank dan lembaga keuangan
5Bank dan lembaga keuangan
6Perusahaan perdagangan dan bank
7Perusahaan perminyakan
8Perusahaan telekomunikasi dan industri terkait
9Lembaga nasional terkait

Dari informasi tabel di atas, dapat kita ketahui bahwa untuk kartu kredit yang beredar di Indonesia hampir semuanya berasal dari lembaga keuangan (bank atau nonbank). Karena angka awalnya dimulai dari 4 atau 5. Jika tidak percaya silakan cek nomor kartu kredit Anda sekarang juga. Jangan sampai salah. Kalau ada yang muncul angka 7 atau 9 apalagi 666, harap segera diganti takutnya itu angka-angka setan. Tapi kalau munculnya 888 itu angka hoky.

Bagaimana dengan kartu kredit seperti Citibank Telkomsel atau HSBC Airasia? Apakah itu juga berawal dari angka 4 dan 5? Tetap saja iya sebab kartu kredit itu diterbitkan oleh lembaga keuangan yakni bank. Hanya saja itu kartu kredit hasil co-branding dari sisi pemasaran. Jadi seolah-olah diterbitkan oleh perusahaan industri lainnya.

Sponsored links:
Share on Google Plus

Sekilas Bentuk Tipografi Nomor Kartu Kredit

Mafiakartukredit.com memberikan informasi, edukasi dan hiburan seputar produk perbankan, dunia bisnis dan ekonomi, khususnya produk kartu kredit. Semoga benar-benar bermanfaat dan menghibur kita semua!